Salin Artikel

Ingin Saingi Clubhouse, Facebook Bayar Kreator Konten agar Pakai Audio Rooms?

Para musisi dan konten kreator yang berpartisipasi akan diminta untuk menggunakan Live Audio Rooms dan membuat empat hingga enam sesi.

Pada setiap sesi, host dapat membuat ruang obrolan audio virtual untuk berdiskusi dengan durasi sekitar 30 menit.

Meta juga akan menggelontorkan dana tambahan mulai dari 10.000 dolar AS (sekitar Rp 144,1 juta) bagi bintang tamu yang ikut bergabung dalam ajang promosi ini.

"Facebook kini membayar musisi dan konten kreator mulai dari 10.000 hingga 50.000 dolar AS per sesi pada produk live audio (Live Audio Rooms) yang berusia lima bulan, ditambah biaya untuk tamu sebesar 10.000 dolar AS atau lebih," ungkap informan yang enggan disebut namanya.

Upaya ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan Meta guna mempromosikan Live Audio Rooms, dan bersaing dengan layanan audio virtual Clubhouse.

Pada Juli lalu, CEO Meta Mark Zuckerberg berjanji bakal mengalirkan dana sebesar 1 miliar dolar AS (sekitar Rp 14,4 triliun) kepada para konten kreator hingga akhir tahun 2022.

Sebagian dari dana tersebut juga akan dikucurkan untuk membayar konten kreator yang mempromosikan Reels.

Setiap konten kreator tersebut setidaknya akan menerima dana sebesar 35.000 dolar AS (sekitar Rp 504,5 juta), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (29/11/2021).

Sedikit informasi, Live Audio Rooms adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk dapat membuat ruang obrolan audio virtual untuk berdiskusi.

Melalui fitur ini, pengguna Facebook dapat mengajak orang-orang tertentu untuk bercakap-cakap di dalam forum tersebut.

Live Audio Rooms sendiri pertama kali meluncur di wilayah Amerika Serikat (AS) pada Juni 2021 lalu. Belakangan, fitur ini sudah bisa dicoba untuk pengguna di Indonesia.

Sejak awal kemunculannya, hanya deretan publik figur dan konten kreator yang terverifikasi di AS saja yang dapat berpartisipasi sebagai konten kreator di Live Audio Rooms.

Beberapa artis dan orang ternama yang masuk ke dalam daftar tersebut mencakup D Smoke, Kehlani, Reggie Watts, Lisa Morales Duke, Dr. Jess, Bobby Berk, Tina Knowles-Lawson, Joe Budden, dan DeRay Mckesson.

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/29/14060077/ingin-saingi-clubhouse-facebook-bayar-kreator-konten-agar-pakai-audio-rooms-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.