Salin Artikel

Aplikasi Radar Cuaca untuk Melihat Awan Hujan dan Badai Secara Live

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi bahwa Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem hingga 9 Desember 2021.

Adapun dampak-dampak yang harus diwaspadai masyarakat adalah adanya curah hujan yang tinggi serta terjadinya gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia.

Melihat fenomena tersebut, BMKG mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi dampak-dampak yang terjadi seperti curah hujan di atas normal dan kemungkinan terjadinya badai.

Untuk meningkatkan kewaspadaan, masyarakat kini dengan mudah bisa memantau cuaca awan hujan atau badai secara live melalui aplikasi weather radar (radar cuaca).

Dengan aplikasi weather radar dan dipadukan dengan aplikasi prakiraan cuaca, dapat membantu masyarakat lebih waspada dan mempersiapkan diri menghadapi cuaca ekstrem.

Berikut ini beberapa aplikasi radar cuaca (weather radar) untuk memantau hujan dan badai di lokasi Anda secara live.

Adapun beberapa keunggulannya yaitu dapat memperkirakan cuaca dalam 24 jam dan 7 hari yang ditampilkan dengan grafik yang bagus.

Terdapat notifikasi hujan, dan pengguna dapat membagikan prakiraan cuaca dengan kerabat, teman, dan lainnya melalui berbagai media sosial.

RainViewer dapat diunduh dan diakses secara gratis di Android maupun iOS.

Aplikasi prakiraan cuaca Windy mempunyai model prakiraan cuaca yang akurat seperti model prakiraan cuaca terbaik yaitu global ECMWF dan GFS, plus local NEMS, AROME dan ICON (for Europe) dan NAM (for the USA).

Memiliki 40 peta cuaca yang dapat mengindeks angin, hujan, dan gelombang besar. Pengguna dapat mengunduhnya cara gratis di Google PlayStore, atau mengaksesnya melalui browser web.

Pengguna dapat mengetahui detail cuaca harian dan jam serta mendeteksi perkiraan hujan, badai, dan gelombang secara akurat.

Untuk Anda pengguna Smartphone, Wetaher Radar App dapat diunduh secara gratis melalui Google PlayStore.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat masyarakat manfaatkan untuk meningkatkan kewaspadaan serta dapat melakukan antisipasi menghadapi cuaca ekstrem.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/07/13020007/aplikasi-radar-cuaca-untuk-melihat-awan-hujan-dan-badai-secara-live

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.