Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Bikin WhatsApp Lebih Aman dan Tidak Mudah Dibobol

KOMPAS.com - Whatsapp merupakan aplikasi pesan instan yang paling populer dan banyak digunakan masyarakat saat ini. Fitur-fitur Whatsapp yang semakin diperkaya membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik.

Semakin banyak dan seringnya penggunaan Whatsapp sehari-hari membuat pengguna terkadang lalai menjaga keamanan dan privasi mereka.

Walaupun Whatsapp telah menyediakan fitur enkripsi, namun pengguna harus tetap waspada dan berhati-hati dalam mengirim maupun menerima pesan antarpengguna.

Berikut ini beberapa tips lain dikutip KompasTekno dari Dealna (8/12/2021) yang dapat membantu pengguna agar lebih mengamankan akun Whatsapp dan lebih privasi.

Gunakan verifikasi sidik jari atau wajah

Anda dapat menggunakan fitur verifikasi Whatsapp menggunakan sidik jari atau pemindai wajah sebelum masuk pada aplikasi.

Fitur ini akan memberikan keamanan yang lebih ekstra dan mempersulit siapapun yang dapat menggunakan akun Whatsapp Anda tanpa izin. Bagaimana cara mengaktifkannya?

Android

iOS

  • Masuk pada “pengaturan”
  • Ketuk ‘“akun”
  • Ketuk “privasi”
  • Ketuk “kunci layar”

Fitur ini akan mengunci Whatsapp secara otomatis setelah Anda menggunakannya dalam waktu tertentu sehingga akun Whatsapp akan lebih aman.

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Selain menggunakan pemindai sidik jari dan wajah, Anda dapat mengaktifkan fitur keamanan lain seperti mengaktifkan verifikasi dua langkah.

Verifikasi ini akan mengharuskan Anda memasukkan kode terlebih dahulu sebelum masuk pada akun Whatsapp.

Kode tersebut akan dikirimkan melalui SMS atau telepon ke nomor WhatsApp Anda.

Untuk mengaktifkannya berikut ini caranya yang dapat Anda lakukan dengan mudah
di iOS maupun Android

  • Pilih “pengaturan”
  • Pilih “akun”
  • Pilih “verifikasi dua langkah/two-step verification”

Di fitur ini Anda akan diminta untuk menambahkan password atau kata sandi cadangan sebanyak 6 digit atau email cadangan untuk lebih mengamankan akun Whatsapp Anda.

Menon-aktifkan notifikasi dan preview chat Whatsapp

Bagi sebagian orang, pesan teks Whatsapp yang masuk merupakan privasi yang sangat penting. Maka dari itu untuk menghindari pesan teks yang muncul di layar alias preview chat terbaca orang sengaja atau tidak, Anda dapat menonaktifkan notifikasi preview chat tersebut. Namun fitur ini hanya dapat ditemukan di Android. Seperti gambar di bawah ini. 

Memblokir Spammer

Merasa terganggu dengan nomor tertentu atau yang tidak dikenal? Untungnya, Whatsapp memiliki fitur untuk memblokir dan melaporkan pengguna yang dirasa mengganggu.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk Anda yang merasa terganggu dengan spammer. Fitur blokir ini juga dapat ditutup maupun dibuka. Kontak yang Anda blokir tidak akan bisa melihat profil dan menghubungi Anda sehingga akun Whatsapp Anda menjadi lebih aman.

Arsipkan Percakapan Penting

Agar lebih privasi dan aman, pengguna dapat menyembunyikan obrolan atau pesan teks agar orang lain tidak dapat melihat secara langsung obrolan yang sedang dilakukan. Bagaimana caranya?

Anda hanya perlu menekan lebih lama pada obrolan yang ingin Anda sembunyikan lalu pilih ikon di kanan atas berupa kotak dengan gambar panah bawah “Arsip/Archive”. Chat akan otomatis pindah ke folder arsip. 

Obrolan Anda akan terarsip dan tidak terlihat. Chat akan tetap tersimpan di sana, sekalipun ada chat baru masuk.

Sebenarnya obrolan yang Anda arsipkan dapat ditemukan dengan mudah di bagian atas beranda kotak masuk. Namun tentu hal ini merupakan tips kecil agar percakapan Anda tidak mudah terlihat orang lain.

Hapus pesan lama

Masih menimbun chat-chat lama WahtsApp yang sebetulnya sudah tidak dibutuhkan? Ada baiknya Anda segera menghapus pesan-pesan itu secara permanen. Terutama jika ada chat penting namun sudah tidak dibutuhkan, menghapus pesan itu akan mencegah orang lain untuk mengintipnya apabila berhasil mengakses akun WhatsApp Anda.

Menon-aktifkan dua centang biru

Untuk Anda yang lebih menginginkan privasi dan tidak ingin percakapan yang telah Anda lakukan sudah dibaca atau belum, Anda dapat menonaktifkan tanda dua centang biru atau “telah dibaca”.

  • Masuk menu “pengaturan”
  • Ketuk “akun”
  • Ketuk “privasi” lalu nonaktifkan fitur tersebut

Namun perlu diketahui, menonaktifkan tanda “sudah dibaca” tersebut hanya berfungsi pada percakapan personal dan tidak berfungsi pada obrolan grup Whatsapp. Anggota grup Whatsapp akan tetap mengetahui bahwa Anda sudah atau belum melihat pesan tersebut.

Membatasi visibilitas Akun Whatsapp Anda

Agar lebih aman dan nyaman, tidak ada salahnya untuk membatasi visibilitas akun Whatsapp. Artinya, beri seminimal mungkin informasi diri Anda di WhatsApp.

Misalnya, mengontrol siapa saja yang boleh melihat foto profil, melihat deskripsi, waktu terakhir dilihat (last seen), status WhatsApp, dan sebagainya.

Fitur ini dapat membantu Anda lebih aman, terlebih lagi jika harus terhubung dengan pengguna yang belum Anda ketahui.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/10/14120097/tips-bikin-whatsapp-lebih-aman-dan-tidak-mudah-dibobol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke