Salin Artikel

Fitur-fitur Android 12 Go Editon, Bisa Buka Aplikasi Tanpa Download

KOMPAS.com - Sistem operasi Android 12 Go Editon resmi dirilis Google pada Selasa (14/12/2021). Diluncurkan kali pertama pada tahun 2017, OS Android Go Edition menargetkan ponsel-ponsel murah di segmen entry-level dengan spesifikasi rendah.

Lewat versi terbaru Android 12 Go Edition, Google ingin memberikan pengalaman yang lebih cepat dan cerdas dibandingkan generasi sebelumnya.

Google mengatakan ponsel dengan Android 12 Go Edition bakal memiliki peningkatan fitur yang memudahkan pengguna menerjemahkan beragam bahasa.

Kemudian, terdapat fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa membuka sebuah aplikasi, tanpa perlu men-downloadnya, sehingga dapat menghemat penggunaan paket data internet.

Google juga menjelaskan berbagai fitur lain yang hadir di ponsel dengan Android 12 Go Editon pada tahun depan, melalui postingan di blog resminya.

Berikut rangkuman fitur-fitur terbaru yang bakal hadir di ponsel keluaran tahun 2022 dengan OS Android 12 Go Edition.

Jalankan aplikasi lebih cepat

Aplikasi yang terinstal di ponsel berbasis Android 12 Go Edition diklaim dapat dijalankan dengan 30 persen lebih cepat. Selain itu, Google juga mengatakan animasi ketika awal membuka aplikasi akan berjalan lebih halus.

Aplikasi akan dengan mudah terbuka, tanpa ada delay (waktu tunggu) yang lama. Dalam mengembangkan peningkatan ini, Google juga telah membuat SplashScreen API, sehingga developer bisa menghadirkan aplikasi yang bisa dibuka dengan lebih halus.

Lebih hemat baterai

Android 12 Edisi Go juga digadang dapat menghemat penggunaan daya baterai dengan pengelolaan aplikasi yang ditingkatkan. Google mengatakan aplikasi yang tidak digunakan pengguna bakal secara otomatis dihibernasi.

Fitur hibernasi otomatis ini juga membantu ruang penyimpanan ponsel menjadi lebih hemat. Fitur lain yang bisa membantu menghemat ruang penyimpanan ponsel juga hadir melalui aplikasi Files Go versi terbaru.

Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk memulihkan file yang sudah terhapus dalam waktu 30 hari. Ini membuat pengguna tidak perlu khawatir ketika ingin menghapus file untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Android 12 Go Edition terdapat fitur multibahasa yang lebih cerdas dengan keberadaan opsi penerjemahan di layar. Opsi itu memungkinkan pengguna bisa membaca artikel atau mendengar radio, sesuai dengan terjemahan bahasa yang diinginkan.

Buka aplikasi tanpa download

Google juga menghadirkan fitur app sharing (berbagi aplikasi) di Android 12 Go Edition. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapat aplikasi secara mudah tanpa perlu mengunduhnya.

Pengguna dapat berbagai aplikasi dengan perangkat terdekat menggunakan Nearby Share dan Google Play.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menghemat data karena tidak perlu mengunduh aplikasi, sehingga bisa menghemat penggunaan paket data internet.

Berbagi perangkat secara aman

Selain fitur berbagi di atas, Google juga membuat aktivitas berbagi perangkat antara pengguna dengan orang lain menjadi lebih aman.

Android 12 Go Edition dapat membuat pemilik perangkat merasa aman ketika perangkatnya dipinjam oleh rekan.

Google menambahkan profil tamu yang dapat langsung diakses di layar kunci. Jadi pengguna dapat dengan mudah beralih ke profil tamu sebelum membagikan perangkatnya, sebagaimana dikutip KompasTekno, Kamis (16/12/2021).

Android 12 Go Edition akan memberikan transparansi terkait seluruh aplikasi yang mengakses data pengguna. Selain itu, sistem operasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menentukan seberapa banyak informasi pribadi dapat diakses oleh aplikasi.

Untuk menunjang privasi pengguna, Google menghadirkan dashbor khusus yang dapat mengatur akses aplikasi di beberapa perangkat, misal lokasi, kamera, microphone.

Pengguna juga dapat mencabut izin akses dari aplikasi tersebut melalui dashbor ini. Google juga menambahkan indikator privasi di bilah status yang akan memberitahu pengguna ketika terdapat aplikasi yang sedang menggakses perangkat.

Fitur-fitur di atas bisa dijumpai pada ponsel Android Go keluaran 2022. Jadi, bagi Anda sudah penasaran ingin menjajal, harap sabar menunggu.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/16/08220077/fitur-fitur-android-12-go-editon-bisa-buka-aplikasi-tanpa-download

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.