Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trending di Twitter, Apa Itu #TwitterWrapped dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Dari pantauan KompasTekno, tagar #TwitterWrapped masih menduduki trending nomor satu hingga Kamis siang atau sekitar pukul 15.30 WIB. Sejauh ini, terdapat lebih dari 6.200 kicauan yang menampilkan posting yang memuat gambar #TwitterWrapped.

Lantas, apa sebenarnya #TwitterWrapped? Dari penelusuran KompasTekno, #TwitterWrapped adalah sebuah tren yang agaknya mengusung konsep kaleidoskop, seperti Spotify Wrapped, YouTube Music 2021 Recap, atau Instagram 2021 Playback.

Apabila membuka tagar #TwitterWrapped, akan muncul aneka unggahan gambar yang terbentuk dari rangkaian kata-kata.

Kemungkinan, kata-kata itu diambil dari twit yang pernah diunggah pengguna sepanjang tahun 2021.

Adapun kata yang berukuran paling besar dan paling mencolok, mengindikasikan kata yang paling sering ditwit.

Tidak hanya sebatas pada kata yang paling sering digunakan, #TwitterWrapped juga dapat memuat daftar akun mutual yang kerap berinteraksi dengan pengguna selama tahun 2021.

Sementara itu, bentuk gambarnya pun beraneka ragam, mulai dari gambar Larry, si burung biru yang merupakan logo Twitter, pohon cemara, globe, mahkota, es krim, dan sebagainya.

Rupanya, gambar #TwitterWrapped bukan diperoleh dari Twitter. Gambar tersebut diperoleh dari situs pihak ketiga bernama Floom.app. Di situs tersebut, pengguna Twitter bisa "merangkum" twitnya dalam setahun terakhir yang kemudian akan dirangkai menjadi sebuah bentuk.

Untuk menambah kesan menarik, warna pada latar belakang gambar #TwitterWrapped juga dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Lalu, bagaimana cara membuat #TwitterWrapped?

Cara membuat #TwitterWrapped

Cara membuat #TwitterWrapped perlu melalui beberapa langkah. Karena tidak memerlukan proses login ke akun Twitter pengguna, maka seseorang bisa membuat #TwitterWrapped di Floom untuk akun orang lain. Berikut cara membuat #TwitterWrapped di situs Floom:

Setelah masuk ke akun Floom, pengguna bisa mulai membuat #TwitterWrapped, caranya adalah sebagai berikut:

Gambar #TwitterWrapped yang sudah diunduh, bisa ditemukan pada galeri ponsel atau desktop. Kemudian, Anda bisa membagikannya ke media sosial, seperti Twitter dilengkapi dengan tagar #TwitterWrapped. Demikian cara membuat #TwitterWrapped di situs Floom, selamat mencoba!

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/23/16160007/trending-di-twitter-apa-itu-twitterwrapped-dan-bagaimana-cara-membuatnya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke