Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tips agar iPhone Tidak Boros Baterai

KOMPAS.com - Kapasitas baterai iPhone sejauh ini memang tidak pernah lebih lebih besar ketimbang ponsel Android pada umumnya. Sebagai contoh, model terbaru iPhone 13 Pro Max hanya ditopang dengan baterai berkapasitas 4.352 mAh.

Sedangkan ponsel Android, kebanyakan kini telah menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh, sebut saja seperti Samsung S22 Ultra. Kendati kapasitas baterai iPhone relatif kecil, tidak otomatis mempengaruhi durasi pemakaiannya.

Dalam kondisi normal, baterai iPhone 13 Pro Max berkapasitas 4.352 mAh bisa bertahan selama 43 jam dari kondisi daya penuh hingga kosong, dengan pemakaian normal selama 7 jam setiap harinya.

Dikutip dari platform pengujian ketahanan baterai ponsel DxoMark, disebutkan bahwa durasi pemakaian baterai tidak hanya bergantung pada kapasitasnya, melainkan juga dipengaruhi oleh sistem operasi dan hardware yang menopang ponsel.

Jadi, baterai iPhone boros atau cepat habis tidak hanya dipengaruhi oleh kapasitasnya. Pada kasus baterai iPhone, terdapat beberapa penyebab kenapa baterai iPhone cepat habis, salah satunya adalah usia baterai yang telah lama.

Kemampuan kandungan kimia yang ada di baterai untuk menyimpan daya bakal menurun seiring lamanya masa pemakain. Penurunan kemampuan ini berimplikasi juga pada menurunnya durasi pemakaian baterai iPhone dari kondisi normal.

Misalnya, dulu Anda bisa menggunakan iPhone selama 7 jam dari kondisi daya penuh hingga kosong. Dengan kondisi baterai yang telah berumur, kini Anda hanya bisa memakai iPhone selama 4 jam.

Selain faktor usia baterai yang tua, kenapa baterai iPhone cepat habis juga bisa disebabkan karena pengaturan ponsel yang kurang tepat. Ada beberapa fitur yang bisa memperlama masa pakai baterai iPhone, namun tidak dimanfaatkan oleh pengguna.

Salah satunya seperti fitur mode daya rendah. Fitur ini memungkinkan iPhone dapat mengurangi aktivitas yang bisa mengonsumsi daya baterai dalam skala cukup besar, seperti pencadangan iCloud, penyegaran aplikasi di latar belakang, dan sebagainya.

Selengkapnya, berikut 10 tips agar iPhone tidak boros baterai:

1. Gunakan charger orisinal Apple

Cara menghemat baterai iPhone yang pertama adalah dengan menggunakan perangkat atau pengisi daya (kabel dan adaptor) yang orisinal dari Apple.

Alasannya adalah charger orisinal punya output daya yang dirancang sesuai dengan kemampuan baterai iPhone. Sedangkan, charger abal-abal bisa jadi memiliki output daya yang sesuai dengan standar iPhone.

Output daya yang tidak sesuai tersebut bakal bisa merusak kesehatan baterai iPhone. Kesehatan baterai iPhone yang menurun bisa membuat durasi pemakaian perangkat menjadi lebih singkat, sebagaimana dilansir laman resmi Apple.

2. Lakukan pembaruan perangkat lunak secara rutin

Pembaruan perangkat lunak atau versi sistem operasi biasanya bakal membawa fitur-fitur yang penting untuk iPhone, termasuk fitur yang memungkinkan untuk membuat baterai iPhone menjadi lebih hemat.

Seperti pada pembaruan sistem operasi mulai versi iOS 13 dan yang lebih baru, Apple menghadirkan fitur yang memungkinkan iPhone berhenti mengisi baterai secara otomatis saat kondisi dayanya sudah 80 persen, apabila perangkat sedang dipakai secara intens.

3. Hindarkan iPhone dari paparan suhu yang ekstrem

Cara menghemat baterai iPhone agar tidak boros yang berikutnya adalah dengan menghindarkan perangkat dari paparan suhu yang ekstrem. iPhone dirancang untuk beroperasi dengan baik dalam kisaran suhu dari 16 derajat hingga 22 derajat celcius.

Apabila iPhone dibiarkan terkena paparan suhu yang sangat ekstrem secara terus menerus, entah itu dari internal penggunaan perangkat atau eksternal lingkungan sekitar, maka kesehatan baterainya bakal cepat turun secara drastis.

Dengan melakukan pembaruan sistem operasi seperti yang tertera di atas, iPhone bakal bisa menghentikan pengisian daya di atas 80 persen, saat terjadi aktivitas yang menyebabkan temperatur perangkat meningkat melampaui batas suhu yang direkomendasikan.

4. Isi daya 80 persen saat iPhone digunakan secara intens

Menghemat baterai iPhone bisa dilakukan dengan mengisi daya tidak lebih dari 80 persen saat iPhone sedang digunakan secara intens.

Penggunaan intens seperti bermain game atau merekam video dalam waktu lama bisa membuat temperatur iPhone naik. Kemudian, melakukan aktivitas tersebut dibarengi dengan mengisi daya, bakal membuat temperatur iPhone jadi semakin meningkat.

Sebagaimana tertera di atas, paparan suhu panas yang ekstrem di iPhone bisa membuat kesehatan baterai iPhone turun secara drastis. Dengan demikian, pastikan jangan mengisi daya lebih dari 80 persen saat iPhone sedang digunakan secara intens.

Di iPhone yang sudah menggunakan sistem operasi dengan versi iOS 13 dan yang lebih baru, terdapat fitur yang memungkinkan pengisian daya terhenti di 80 persen secara otomatis, saat terdeteksi aktivitas yang menyebabkan peningkatan temperatur iPhone.

5. Mengaktifkan fitur Kecerahan Otomatis

Kemudian, cara menghemat baterai iPhone yang kelima adalah dengan mengaktifkan fitur kecerahan otomatis. Fitur ini memungkinkan layar iPhone bisa menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai dengan kondisi cahaya di sekitar pengguna.

Dengan penyesuaian tersebut, konsumsi baterai iPhone bisa menjadi lebih hemat. Cara mengaktifkan kecerahan otomatis dapat dilakukan dengan mengakses menu “Aksesibilitas” di pengaturan perangkat.

Kemudian, pilih opsi “Layar & Ukuran Teks” dan gulir ke bawah, lalu geser toggle “Kecerahan Otomatis” ke warna hijau.

6. Menggunakan jaringan WiFi

Penggunaan jaringan WiFi untuk mengakses internet membutuhkan lebih sedikit daya dibandingkan dengan jaringan seluler. Dengan demikian, baterai iPhone bisa lebih hemat bila Anda menggunakan jaringan WiFi saat mengakses internet.

Cara mengaktifkan jaringan WiFi bisa dilakukan dengan mengetuk ikon sinyal WiFi di menu pengaturan cepat iPhone.

7. Mengaktifkan fitur Mode Daya Rendah

Sebagaimana telah disebut di atas, fitur mode daya rendah bisa membuat durasi pemakaian baterai iPhone menjadi lebih lama.

Cara mengaktifkan fitur ini bisa dilakukan dengan membuka menu “Baterai” di pengaturan perangkat, lalu geser toggle “Mode Daya Rendah” ke warna hijau.

8. Mematikan penyegaran aplikasi di latar belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang iPhone bisa dipantau melalui menu “Baterai” di pengaturan perangkat.

Apabila Anda menemukan terdapat aplikasi yang mengonsumsi daya baterai secara berlebih atau tidak wajar, Anda bisa mematikan penyegaran aplikasi tersebut di latar belakang.

Caranya, klik menu “Umum” di pengaturan perangkat, lalu gulir ke bawah dan pilih opsi “Segarkan App di Latar”. Selanjutnya, pilih aplikasi yang terindikasi telah mengonsumsi daya baterai secara berlebih dan geser toggle yang ada di sampingnya ke warna abu-abu.

Dengan melakukan itu, sistem operasi iPhone tidak bakal menyegarkan atau memperbarui konten secara otomatis di latar belakang di aplikasi yang banyak mengonsumsi daya baterai.

9. Mematikan peringatan notifikasi yang kurang penting

Peringatan notifikasi yang masuk bisa membuat iPhone nyala atau terbangun saat kondisinya dalam layar terkunci. iPhone yang kerap terbangun akibat notifkasi masuk juga bisa menyebabkan daya baterai iPhone cepat habis.

Dengan demikian, Anda perlu mengatur peringatan notifkasi agar bisa menghemat baterai iPhone.

Caranya, klik menu “Pemberitahuan” di pengaturan perangkat, kemudian pilih aplikasi yang kerap memberikan peringatan notifikasi kurang penting. Lalu, geser toggle “Izinkan Pemberitahuan” ke warna abu-abu.

10. Mengatur layanan lokasi pada aplikasi

Cara menghemat baterai iPhone yang terakhir adalah dengan mengatur layanan lokasi pada aplikasi. Layanan lokasi pada aplikasi yang terus aktif bisa menyebabkan daya baterai iPhone lebih cepat habis.

Anda bisa mengatur layanan lokasi pada aplikasi dengan cara klik menu “Privasi” di pengaturan perangkat. Kemudian, klik opsi “Layanan Lokasi”. Pilih aplikasi tertentu yang kurang penting dan atur layanan lokasinya dengan memilih opsi “Jangan Pernah”.

Dengan mengatur opsi tersebut, aplikasi tertentu yang kurang penting tidak bakal bisa mengakses layanan lokasi, sehingga daya baterai tidak perlu terbuang sia-sia dan menjadikannya lebih hemat.

Itulah 10 tips agar iPhone tidak boros baterai, semoga bermanfaat. 

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/07/13150057/10-tips-agar-iphone-tidak-boros-baterai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke