Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Membidik Sirkuit Mandalika dengan Samsung Galaxy A53

Samsung A53 5G, dibekali konfigurasi kamera yang terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.8, OIS), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera macro 5 MP (f/2.4), dan kamera depth 5 MP (f/2.4).

Pada bagian depannya, ponsel ini juga dibekali dengan kamera selfie beresolusi 32 MP (f/2.2).

Nah, untuk menjajal kebolehan kameranya, KompasTekno berkesempatan untuk membawa Samsung Galaxy A53 5G untuk memotret area Pertamina Mandalika International Street Circuit yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Kegiatan foto-foto menggunakan ponsel ini sendiri bertepatan dengan digelarnya perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret 2022 lalu. Lalu, bagaimana hasilnya?

Secara keseluruhan, foto-foto yang dihasilkan Samsung Galaxy A53 5G terbilang cukup bagus untuk kegiatan pemotretan siang hari.

Namun, karena ponsel ini tidak memiliki kamera telefoto alias kamera dengan pembesaran optis (optical zoom), foto yang dihasilkan akan sedikit buram jika diambil menggunakan mode pembesaran secara software (digital zoom).

Meski demikian, kamera utama ponsel ini masih mampu menangkap obyek yang bergerak cepat dengan cukup baik menggunakan mode 2x digital zoom.

Perlu dicatat, apabila ingin memotret obyek yang bergerak dengan sangat cepat seperti motor-motor pebalap di sirkuit, pengguna sebaiknya memanfaatkan mode "Pro" di aplikasi kamera dan mengganti shutter speed ke angka 1/6000.

Untuk kamera ultrawide 12 MP, misalnya, mampu menghasilkan foto berbidang pandang lebar yang terbilang cukup bagus di kondisi siang hari, seperti gambar di bawah ini.

Bisa dilihat, kamera tersebut mampu menangkap banyak obyek pemandangan, seperti pantai, jalanan di sekitar Sirkuit Mandalika, hingga sirkuitnya sendiri dalam satu bidikan (frame).

Ketika membandingkannya dengan mode pembesaran lainnya, seperti 1x (normal), 2x, dan 4x, maka pengguna bisa melihat bahwa kamera ultrawide di ponsel ini memang mampu menangkap lebih banyak obyek di sekitarnya. 

Adapun obyek yang dibidik dengan mode pembesaran 4x masih bisa dilihat dengan cukup jelas sebagaimana gambar di bawah ini, asalkan pengguna tetap stabil memegang ponsel saat mengambil gambar.

Mode portrait ponsel ini, baik menggunakan kamera depan atau belakang dan bisa menghasilkan efek buram (bokeh) yang cukup rapi tanpa menurunkan kualitas atau memburamkan obyek utamanya.

Kemudian untuk kamera macro, ponsel ini mampu membidik obyek yang kecil dari jarak dekat.

Ilustrasi hasil foto macro bisa dilihat di gambar berikut, di mana tulisan "Pertamina Grand Prix of Indonesia" bisa dilihat dengan cukup jelas.

Ketika memotret obyek patung Jokowi yang sedang naik motor di halaman depan sirkuit Mandalika seperti gambar di bawah ini, misalnya. Detail patung masih bisa dilihat dengan jelas dengan detail dan warna yang cukup tajam dan menyerupai aslinya.

Selain itu, obyek-obyek di bawahnya, seperti bunga, papan untuk menopang patung, dan lain sebagainya juga masih bisadilihat dengan cukup jelas.

Di mode normal, kamera beresolusi 32 MP tersebut masih bisa diandalkan apabila ingin memotret menggunakan mode otomatis (default) atau portrait, dengan catatan ada cahaya tambahan seperti lampu.

Pada saat berswafoto di depan monumen Sirkuit Mandalika di malam hari, semua obyek di dalam foto, seperti manusia, monumen, tanaman, dan lain sebagainya masih bisa dilihat dengan cukup jelas.

Detail obyek-obyek di dalam frame pun masih bisa dilihat dengan cukup jelas dan memiliki warna yang menyerupai aslinya, sebagaimana gambar berikut ini.

Sebagai pertimbangan untuk membeli dan melihat apakah hasil foto kamera ponsel ini bagus, pengguna bisa melihat galeri yang berisikan seluruh hasil foto Galaxy A53 5G yang memotret area sekitar Sirkuit Mandalika di tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/24/15000047/membidik-sirkuit-mandalika-dengan-samsung-galaxy-a53

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke