Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fitur Pembeda Aplikasi Photos di Oppo Reno 7 4G

KOMPAS.com - Setiap smartphone, baik itu Android atau iOS, pasti dibekali dengan aplikasi galeri yang bisa dibuka pengguna untuk melihat berbaga gambar, foto, hingga video yang disimpan di dalam perangkat.

Aplikasi galeri di berbagai smartphone sendiri biasanya memiliki beragam fitur unik yang khusus dihadirkan secara spesifik oleh si pembuat perangkat tersebut.

Di Oppo Reno7 4G, misalnya, aplikasi galeri foto yang bernama Photos memiliki banyak fitur yang bisa meningkatkan pengalaman pengguna untuk menelusuri beragam momen yang diambil melalui kamera ponsel.

Nah, KompasTekno kali ini akan merangkum lima fitur di aplikasi Photos ponsel tersebut, di mana fitur-fitur ini bisa dibilang tak banyak dimiliki oleh ponsel lainnya di luar ponsel merek Oppo. Apa saja?

1. Menambahkan Filter

Aplikasi Photos Reno7 4G memiliki fitur yang memungkinkan pengguna menambahkan beragam efek filter untuk mengubah suasana atau tone warna dalam foto.

Untuk memakai fitur ini, pengguna cukup memilih foto yang hendak diberi filter lalu klik ikon "Edit" pada bagian tengah bawah gambar yang sedang dilihat.

Lalu, geser (scroll) menu ke samping hingga menemukan ikon "Filter" dan klik ikon tersebut.

Selanjutnya, pengguna akan melihat beragam filter yang tersedia di aplikasi Photos seperti Gray, Cool, Vintage, dan lain sebagainya.

Setelah memilih filter yang disuka, klik ikon "centang" yang terletak pada pojok kanan bawah aplikasi Photos.

2. Mengedit sekaligus mengatur foto jadi wallpaper

Aplikasi Photos Reno7 4G juga dibekali dengan fitur yang mengizinkan pengguna mengedit foto sebelum menerapkannya menjadi latar belakang layar utama ponsel alias wallpaper atau layar kunci (lockscreen) ponsel.

Cara mengedit foto sendiri sama seperti langkah pertama, yaitu pengguna cukup memilih foto yang ingin dijadikan wallpaper dan klik ikon "Edit".

Setelah selesai diedit, mereka bisa kembali ke tampilan utama aplikasi Photos, pilih foto yang telah diedit tadi, dan klik ikon "More".

Di jendela pop-up yang akan muncul, pilih menu "Set as wallpaper" dan klik tombol "Apply" di tampilan berikutnya.

Terakhir, pilih tampilan mana yang akan digantikan dengan foto yang dipilih, bisa tampilan "Lock screen" saja, "Home screen" saja, atau keduanya alias "Home & Lock screens".

3. Menerapkan efek mosaik

Cara menerapkan efek mosaik cukup mudah. Pengguna cukup memilih foto yang ingin diberikan efek mosaik dan klik ikon "Edit" yang ada di tengah bawah bagian foto yang sedang dilihat.

Lalu pilih menu "Mosaic" dan coret bagian wajah atau tubuh mana yang ingin diberikan efek mosaik.

Apabila sudah, pengguna bisa mengeklik ikon "centang" yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan dan klik tombol "Save" di tampilan berikutnya untuk menyimpan foto tersebut.

4. Mengkategorikan foto berdasarkan wajah dan mengganti namanya

Sama seperti Google Photos, aplikasi Photos di Reno7 4G juga dibekali dengan kemampuan mengenali dan mengkategorikan foto sesuai dengan wajahnya atau jenis obyek foto tersebut.

Khusus untuk obyek manusia, foto-foto yang dikategorikan bisa diganti namanya, sehingga mempermudah pengguna untuk menelusuri galeri foto berdasarkan orang yang ia ingin lihat.

Untuk mengganti nama foto yang telah dikategorikan, pengguna cukup masuk ke aplikasi Photos dan pergi ke tab "Explore".

Di sana, klik menu "People" dan pilih wajah mana yang ingin dilihat dan diganti namanya. Lalu, klik tombol "Edit" yang tercantum di sebelah kanan wajah dari foto yang sedang dilihat tadi.

Terakhir, ganti nama orang tersebut dengan nama yang diinginkan dan klik tombol "Save".

5. Membuat "Memories" untuk merangkum momen

Selain bisa menamai sejumlah foto orang yang sudah dikumpulkan oleh sistem, aplikasi Photos di Reno7 4G juga dibekali dengan fitur yang memungkinkan pengguna mengelompokkan beragam foto dalam satu folder unik.

Disebut unik karena folder atau album foto ini akan tampil dengan ukuran yang cukup besar di laman "Explore" pada aplikasi Photos.

Cara menggunakan fitur Memories ini cukup mudah. Pertama-tama, kunjungi tab "Explore dan klik ikon "tiga titik vertikal" yang terdapat di pojok kanan atas aplikasi. Lalu, pilih menu "New memory".

Pada tampilan selanjutnya, tulis nama Memories atau momen yang hendak dijadikan judul album foto. Kemudian, klik tombol "Save".

Di tampilan selanjutnya, pengguna bisa memilih minimal 22 foto untuk digabung ke dalam sebuah Memories. Apabila sudah, klik ikon "centang" yang ada di pojok kanan atas aplikasi Photos.

Nantinya, tampilan folder atau album unik Memories ini bakal serupa dengan album "Minggu Pagi" yang tampak pada gambar paling kanan di atas.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/27/15300077/5-fitur-pembeda-aplikasi-photos-di-oppo-reno-7-4g

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke