Salin Artikel

Bill Gates Tidak Mau Jadi Orang Terkaya di Dunia Lagi, Rp 300 Triliun Didonasikan

Namun, baru-baru ini dikabarkan kalau Gates ingin keluar dari daftar orang terkaya tersebut. Kekayaan yang ia miliki rencananya akan disumbangkan ke badan amal sebesar 20 miliar dollar AS atau sekitar Rp 300 triliun (kurs rupiah saat artikel ditulis).

“Saya akan menarik diri dan keluar dari daftar orang terkaya (di dunia),” tulis Gates dalam sebuah blog pada Rabu (13/7/2022) kemarin. Pengumuman itu juga diposting Gates lewat akun Twitter resmi pribadinya dengan handle @BillGates.

Keputusan Gates untuk mendonasikan sejumlah uang tersebut dilakukannya sebagai upaya untuk menepati janjinya dulu.

Gates dan Melinda telah berjanji bahwa mereka akan mendonasikan sebagian besar kekayaan yang dimiliki ke yayasan yang mereka dirikan. Dana yang terkumpul akan dialokasikan untuk membantu meningkatkan kesehatan global, kesetaraan gender, hingga pendidikan.

Pendiri Microsoft ini juga menyatakan kalau dia punya kewajiban untuk mengembalikan sumber daya miliknya, dalam konteks ini adalah uang atau hartanya, ke masyarakat melalui cara-cara yang berdampak besar bagi peningkatan kualitas hidup banyak orang.

Bill Gates memang tidak hanya dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Dia juga dikenal sebagai filantropis dan kerap memberikan dana hibah ke sejumlah proyek kemanusiaan.

Posisi orang terkaya di dunia berubah

Kendati begitu, sejumlah uang yang didonasi Gates ternyata berdampak pada posisi peringkatnya sebagai orang terkaya di dunia. Dilansir dari Newsweek, apabila donasi ini dilakukan, peringkat Gates akan turun dari peringkat empat ke peringkat tujuh.

Mulanya, harta yang dimiliki Gates diperkirakan mencapai sekitar 129 miliar dollar AS (Rp 36,1 triliun), yang sebagian besar terikat dengan perusahaan Microsoft. Sedangkan, jika donasi ini dilakukan, aset kekayaan yang dimiliki akan menyusut, sekitar kurang dari 114 miliar dollar AS (Rp 1.710 triliun).

Gates berharap bahwa donasi terbaru yang dilakukannya, bisa membantu yayasan amal miliknya mencapai tujuan, yakni dengan menghabiskan lebih dari 9 miliar dollar AS (Rp135 triliun) pada 2026 mendatang untuk membantu orang-orang.

Yayasan Bill & Melinda Gates turut ambil bagian dalam membantu orang-orang dan menghabiskan 6 miliar dollar AS setara dengan Rp 90 triliun per tahunnya, sebelum pandemi Covid-19 berlangsung,

Sementara saat pandemi berlangsung, Gates memberikan tambahan dana sebanyak 1,5 miliar dollar AS (Rp 22,5 triliun) ke yayasan amalnya untuk memberi bala bantuan saat pandemi Covid-19.

Melansir Newsweek, Senin (18/7/2022), masih ada dana sekitar 500 juta dollar AS (Rp7,5 miliar) untuk amal, tetapi dana tersebut masih belum dicairkan.

Tidak hanya berasal dari Gates, bulan lalu Warren Buffet, orang terkaya kelima di dunia, juga turut memberikan hadiah tahunan sebesar 3,1 miliar dollar AS (Rp 46,5 miliar) ke yayasan Gates.

Serupa dengan janji Gates dan mantan istrinya, Warren Buffet pun pernah berjanji kalau dirinya juga akan memberikan sebagian besar kekayaannya untuk badan amal.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/18/17020087/bill-gates-tidak-mau-jadi-orang-terkaya-di-dunia-lagi-rp-300-triliun

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.