Salin Artikel

Sony Xperia 1 IV Gaming Edition Meluncur dengan Kipas Eksternal, Ini Harganya

Secara keseluruhan, spesifikasi Sony Xperia 1 IV Gaming Edition dan Sony Xperia 1 IV reguler masih serupa. Namun, ada penambahan aksesori untuk "gaming edition".

Aksesori tersebut bernama “Xperia Stream Gaming Fan Dock”. Sebuah kipas pendingin eksternal yang bisa digunakan layaknya casing dan memiliki sejumlah port tambahan.

Untuk lebih jelasnya, simak rincian spesifikasi dari Sony Xperia 1 IV Gaming Edition, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizChina, Rabu (14/9/2022).

Spesifikasi Sony Xperia 1 IV Gaming Edition

Ponsel ini dibekali layar OLED 6,5 inci dengan resolusi 4K, refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz, dan sudah dilapisi kaca pelindung dari Gorilla Glass Victus.

Tingkat kecerahan diklaim 50 persen lebih tinggi dibanding pendahulunya dan didukung wide color gamut DCI-P3 100 persen.

Layar depan ponsel didesain dengan model layar berlubang (punch hole) yang digunakan sebagai rumah dari kamera depan (selfie) 12 MP (f/2.0).

Di bagian punggung ponsel terdapat tiga kamera yang kompak memiliki resolusi sebesar 12MP. Kamera pertama hadir dengan bukaan lensa (f/1.7) yang didukung penstabil gambar OIS (Optical Image Stabilization).

Kemudian, kamera kedua adalah kamera ultra-wide (f/2.5) yang mendukung teknologi autofokus, sedangkan kamera ketiga hadir dengan lensa periskop (f/3.5).

Sony Xperia 1 IV Gaming Edition ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 dengan arsitektur 4nm. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 16 GB dan memori internal sebesar 512 GB.

Bila dirasa kurang, kapasitas penyimpanan masih dapat diperluas hingga 1 TB melalui slot microSD yang tersedia.

Lalu, di aspek software, ponsel Sony ini menjalankan sistem operasi Android 12. Kapasitas baterai yang dimiliki adalah sebesar 5.000 mAh dengan pengisian daya cepat 30 watt.

Fitur pendukung perangkat terdiri dari dukungan jaringan 5 G, pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya, Wi-FI 802.11, audio jack 3,5 mm, Bluetooth 5.2, USB-C, dual-SIM, dan mengantongi sertifikasi IP68 (tahan debu dan air).

Kipas Xperia Stream dirancang khusus untuk menawarkan pegangan yang aman dan mudah untuk dibongkar pasang menyesuaikan kebutuhan pengguna.

Selain itu, kipas tersebut juga menyediakan beberapa port tambahan, seperti colokan kabel LAN, USB-C, HDMI, serta jack audio 3,5 mm. Keempat port tersebut diletakkan di bagian tengah bawah Xperia Stream guna menghindari kabel kusut saat bermain game.

Adanya port USB-C juga ditujukan untuk mempermudah pengguna melakukan pengisian daya. Jadi, saat memakai kipas sekalipun pengguna tetap dapat mengisi daya ponsel melalui USB-C yang tersedia.

Harga dan ketersediaan

Banderol harga Sony Xperia 1 IV Gaming Edition dimulai dari 174.900 yen (Rp 18,2 juta) sampai 189.200 yen (Rp 19,7 juta). Berikut adalah rinciannya.

  • Sony Xperia 1 IV reguler tanpa kipas (varian RAM 16 GB + memori internal 512 GB): 174.900 yen (Rp 18,2 juta)
  • Sony Xperia 1 IV Gaming Edition + Xperia Stream Gaming Fan Dock (varian RAM 16 GB + memori internal 512 GB): 189.200 yen (Rp 19,7 juta)

Pemesanan perangkat sudah dibuka Sony di Jepang. Sementara penjualan resminya akan dilakukan di negeri matahari terbit pada 15 September 2022 mendatang.

Ketersediaan dan harga produk di luar pasar Jepang masih belum diungkap. Jadi, masih belum diketahui juga apakah kedua perangkat tersebut bakal dipasarkan di luar Jepang atau tidak.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/14/07000077/sony-xperia-1-iv-gaming-edition-meluncur-dengan-kipas-eksternal-ini-harganya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.