Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Salin Artikel

Wikipedia Ubah Tampilan Website Setelah 10 Tahun, tapi...

Perombakan tersebut ditujukan untuk memudahkan pengguna mengakses laman Wikipedia, sehingga pengguna internet dari generasi mendatang bisa lebih nyaman dan leluasa untuk mencari informasi.

“Tampilan baru Wikipedia berbasis desktop dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna dari generasi mendatang, agar memudahkan semua orang, terlepas dari kebiasaan mereka berinternet, untuk mencari informasi yang terpercaya dan dapat diandalkan,” tulis Wikimedia Foundation.

Kendati begitu, perubahan laman versi lama dan baru yang dilakukan terlihat tidak terlalu berbeda atau bahkan bisa tidak disadari sama sekali.

Sebab, perombakan laman tersebut hanya mengubah tampilan-tampilan yang bersifat minor saja. Misalnya, memperbesar ukuran tulisan, membuat jarak antar baris kalimat lebih renggang dari sebelumnya, dan sebagainya.

Pantauan KompasTekno, kini halaman Wikipedia telah memperbaharui kolom pencarian artikel yang disisipi dengan gambar. Misal, saat mengetik kata “Indonesia”, terdapat jendela rekomendasi artikel serupa yang menampilkan gambar kecil di sebelah kiri dan deskripsi singkat di sebelah kanan.

Penambahan visual gambar di samping tulisan dinilai cukup membantu pengguna memilih artikel yang dibutuhkan. Sehingga, proses pencarian menjadi lebih cepat dan efisien. Saat pembaruan tersebut diuji coba, Wikimedia Foundation mencatat adanya peningkatan pencarian pengguna sebanyak 30 persen.

Kebaruan lainnya, saat mengakses laman tertentu (misal: Indonesia), pengguna tidak perlu repot-repot lagi harus menggulir isi artikel dari atas ke bawah untuk melihat judul artikel. Dikarenakan, Wikimedia membuat tajuk judul artikel dengan model menempel (sticky header).

Jadi, walaupun pengguna menggulir layar ke bawah untuk membaca keseluruhan artikel, judul artikel akan ikut berpindah dan menempel di atas sampai artikel tersebut selesai di bawah.

Baris judul dari artikel di sebelah kanan atas juga disertai ikon edit artikel dan pengaturan bahasa. Sebelumnya, ikon pengaturan bahasa diletakkan di sisi sebelah kiri bawah laman. Dengan perubahan ini, pengaturan bahasa bisa menjadi lebih efisien juga. Hanya saja, fitur tersebut tersedia untuk pengguna Wikipedia yang sudah terdaftar dan memiliki akun.

“Saat Anda masuk (login) ke Wikipedia, pembaruan header (tajuk judul) akan ikut berpindah saat Anda menggulir layar.

Anda tidak perlu lagi menggulir layar ke bagian atas untuk memastikan judul artikel yang di baca. Anda bakal bisa tetap fokus membaca sambil meng-edit,” tulis Wikimedia Foundation.

Pilihan bahasa yang tersedia kini ada lebih dari 300 bahasa. Hal ini menjadi pertanda baik, karena memperluas akses pengguna dari seluruh pengguna yang ingin mengakses artikel dalam bahasa yang berbeda-beda.

Kemudahan lainnya adalah lebar baris artikel dibuat lebih ringkas dibanding sebelumnya. Menurut Wikimedia Foundation, pemangkasan ukuran lebar baris kalimat bisa membuat pengguna lebih nyaman membaca artikel yang panjang. Kemudian, di sisi kiri halaman, terdapat tampilan daftar isi yang diperbarui.

Daftar isi tersebut juga bisa ditutup dan dibuka sesuai kebutuhan. Kemampuan itu ditujukan untuk menghindari pengguna dari distraksi. Semakin minimalis tampilannya, pengalaman membaca pengguna akan semakin nyaman juga.

Selain bisa dibuka dan ditutup, kolom daftar isi yang terletak di sisi kiri juga bisa diklik. Sebagai gambaran, misal daftar isi yang tercantum terdiri dari "Pembuka", "Isi", "Kesimpulan", dan "Penutup".

Ketika ingin langsung menuju ke "Kesimpulan", pengguna tidak perlu repot menggulir layar ke bawah, cukup klik hyperlink "Kesimpulan" di daftar isi, Anda akan langsung berpindah ke bagian tersebut.

Pengembang Indonesia ikut berkontribusi

Seperti yang disebut di atas, perombakan tampilan yang dilakukan memang tidak secara “besar-besaran” dan masih didominasi oleh ciri khas dari laman Wikipedia.

Sebab, tujuan awal perubahan ini ingin membuat tampilan laman menjadi lebih modern dari sebelumnya. Tidak hanya itu, lembaga nonprofit itu juga ingin menghilangkan “kekacauan” dari tampilan website serta memudahkan para kontributor yang ingin bergabung.

Adapun perubahan tersebut juga ditujukan untuk membuat tampilan desktop lebih konsisten ketika ingin diaplikasikan ke Wikipedia berbasis mobile. Maka dari itu, untuk mewujudkan misinya, Wikimedia berkolaborasi dengan pengembang (developers) dari berbagai negara.

Setidaknya ada 30 grup pengembang sukarelawan yang ikut berkontribusi. Di antaranya ada pengembang dari India, Indonesia, Ghana, Argentina, dan masih banyak lagi. Tugas dari pengembang adalah membantu meningkatkan pembaruan yang ada dan menyajikan ide untuk pengembangan produk.

Dilansir KompasTekno dari Tech Crunch, Sabtu (21/1/2023), kini Wikipedia tengah memiliki lebih dari 58 juta artikel yang tersedia untuk 300 bahasa berbeda. Di setiap bulannya tercatat ada 16 miliar kali pengguna mengakses laman tersebut.

Dari paparan di atas, hal tersebut yang mungkin melatarbelakangi Wikimedia untuk tidak merombak keseluruhan tampilan di Wikipedia. Seluruh kebaruan di atas hanya berupa peningkatan fungsi dan perubahan tata letak fitur, tetapi tidak menghilangkan fitur yang sudah tersedia sejak dulu.

Penambahan jenis bahasa di Wikipedia versi desktop juga tengah diperbaharui dan sudah mulai digulirkan ke Wikipedia desktop berbahasa Inggris.

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/21/13300097/wikipedia-ubah-tampilan-website-setelah-10-tahun-tapi

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke