Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Memanfaatkan HP Bekas, Bisa Jadi Remote sampai CCTV

Di sisi lain, siklus pergantian ponsel khususnya smartphone ini justru membuat HP bekas kian menumpuk dan tak terpakai. Jika dibiarkan, tumpukan HP bekas itu akan menjadi limbah elektronik. 

Nah, bila Anda termasuk pengguna yang memiliki beberapa ponsel atau smartphone bekas, Anda bisa memanfaatkannya untuk banyak hal. Sebab, fitur-fitur sederhana yang ditunjang oleh ponsel bekas, mayoritas bisa dimanfaatkan untuk kehidupan kita saat ini.

Misalnya dengan memanfaatkan kamera ponsel bekas sebagai kamera CCTV dan lain sebagainya. Lantas apa lagi kegunaan ponsel bekas yang bisa dimanfaatkan alih-alih dibuang begitu saja? Berikut 5 tips memanfaatkan HP bekas.

1. Remote control

HP bekas bisa Anda manfaatkan sebagai remote control. Untuk menjadikan ponsel bekas sebagai remote, tak perlu ponsel yang begitu canggih karena ponsel Android lawas pun bisa difungsikan sebagai remote.

Caranya, unduh aplikasi seperti Unified Remote, Universal TV Remote, atau Galaxy Universal Remote. Namun perlu dicatat bahwa aplikasi ini membutuhkan fitur inframerah/infrared agar ponsel bisa difungsikan sebagai remote.

Sejumlah layanan streaming seperti Youtube TV atau Apple TV juga menyediakan aplikasi resmi yang memungkinkan pengguna menjadikan aplikasi itu sebagai remote, alih-alih memakai remote TV. Anda bisa mengunduh aplikasi itu dari toko aplikasi Play Store maupun App Store.

2. Mouse dan keyboard komputer

Bila Anda pengguna komputer namun ingin memiliki trackpad seperti pengguna laptop, Anda bisa memanfaatkan HP bekas sebagai alternatif.

Caranya yaitu dengan memakai aplikasi Unified Remote dan menghubungkan ponsel ke komputer melalui Bluetooth. Pastikan pula ponsel Anda terhubung ke WiFi untuk menjalakan aplikasi.

Dengan aplikasi itu, ponsel Anda bisa dipakai sebagai mouse atau trackpad maupun keyboard untuk memberikan input ke komputer.

Praktik ini bisa dilakukan untuk komputer berbasis Windows, macOS maupun Linux.

3. CCTV

HP bekas Anda juga bisa dipakai sebagai kamera keamanan atau CCTV. Namun pastikan kamera ponsel masih berjalan dengan baik.

Bila Anda memakai aplikasi Alfred, Anda harus memasang aplikasi tersebut di dua ponsel berbeda untuk melihat pratinjau kamera.

Adapun rekaman dari aplikasi IP Webcam bisa dilihat melalui beragam platform termasuk via situs web.

4. Webcam

Selanjutnya, kamera HP bekas juga bisa dimanfaatkan sebagai webcam komputer, ketimbang membeli webcam khusus. Apalagi smartphone biasanya menawarkan kualitas kamera yang lebih baik dibanding webcam.

Untuk menjadikan HP bekas sebagai webcam, Anda bisa memakai aplikasi webcam seperti DroidCam. Instal pula aplikasi yang sama pada komputer untuk menghubungkan kamera ponsel.

Pantauan KompasTekno di Play Store, aplikasi ini bisa dipakai untuk pengguna Windows maupun Linux.

5. WiFi hotspot

Kegunaan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari HP bekas adalah dengan menjadikannya sebagai WiFi hotspot. Praktik ini bisa dipakai sebagai alternatif router WiFi, untuk Anda yang membutuhkan koneksi internet bagi banyak perangkat di rumah.

Caranya dengan mengaktifkan menu Hotspot & tethering yang biasanya tersedia dalam menu Pengaturan (Settings) di setiap ponsel.

Namun, pastikan baterai ponsel selalu terjaga kapasitasnya agar koneksi internet tetap terhubung dan bisa disebarkan ke perangkat lainnya.

Itu dia 5 tips memanfaatkan HP bekas yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Selain kelima praktik di atas, Anda juga bisa menggunakan HP bekas untuk hal lainnya, misalnya sebagai ponsel cadangan ketika kondisi darurat, sebagai penyimpanan cadangan ketika ponsel utama penuh dan lain sebagainya.

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/01/18030017/5-tips-memanfaatkan-hp-bekas-bisa-jadi-remote-sampai-cctv

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke