Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cek Screen Time di HP Xiaomi untuk Mengetahui Durasi Main Ponsel

KOMPAS.com - Istilah screen time sudah tak asing lagi dalam perangkat teknologi. Screen time biasanya diartikan sebagai durasi pengguna dalam beraktivitas dengan beragam perangkat elektronik.

Dilansir dari Cambridge Dictionary screen time yaitu jumlah waktu yang dihabiskan pengguna dalam melihat perangkat elektronik yang disertai layar seperti komputer atau televisi. Tak terkecuali dengan perangkat smartphone.

Saat ini hampir mayoritas smartphone dibekali dengan fitur screen time untuk mengetahui catatan durasi waktu penggunaan ponsel. Bagi pengguna Xiaomi fitur screen time ini bisa diakses dengan mudah di bagian menu “Setelan”

Fitur ini tak hanya menampilkan jumlah waktu penggunaan per hari. Namun juga mencatat durasi penggunaan setiap aplikasi. Di sini Anda juga dapat melihat grafik per minggu penggunaan ponsel.

Sehingga screen time dapat bermanfaat bagi Anda yang benar-benar ingin mengontrol penggunaan smartphone tiap harinya. Lantas bagaimana cara cek screen time di HP Xiaomi? Selengkapnya berikut ini langkah-langkahnya.

  • Buka “Setelan/settings”
  • Gulir ke bawah hingga menemukan menu “Kesehatan digital dan kontrol orang tua”
  • Di sini pengguna akan langsung disuguhkan jumlah durasi penggunaan ponsel per hari ini

Selain itu apabila ingin melihat berapa lama kita menggunakan masing-masing aplikasi maka cukup klik pada lingkaran screen time dan layar akan menampilkan durasi lama penggunaan aplikasi.

Cara mengatur durasi penggunaan aplikasi

Selain mengecek screen time, pengguna juga bisa sekaligus mengatur durasi penggunaan aplikasi. Contoh saja Anda ingin membatasi penggunaan aplikasi Instagram hanya satu jam per hari.

Mengatur screen time juga berguna bagi Anda yang ingin mengelola durasi penggunaan gadget pada anak-anak.

Untuk menentukan screen time yang ideal bagi anak-anak hingga orang dewasa berdasarkan usia, Anda dapat menuju tautan berikut ini. Demikian cara mengecek screen time di HP Xiaomi. Semoga membantu.

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/11/15150027/cara-cek-screen-time-di-hp-xiaomi-untuk-mengetahui-durasi-main-ponsel-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke