Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ChatGPT Plus Resmi di Indonesia, Biaya, Cara Berlangganan, serta Fitur yang Didapat

Saat mengakses laman ChatGPT di URL chat.openai.com, akan muncul pop-up banner (spanduk) yang menyebut bahwa ChatGPT resmi hadir di Tanah Air 10 Februari lalu.

Karena berbayar, ChatGPT Plus memiliki sejumlah fitur-fitur khusus yang tidak tersedia di versi gratis. Tertarik mencoba? Berikut biaya dan cara berlangganan, serta fitur-fitur ChatGPT Plus di Indonesia.

Biaya berlangganan ChatGPT Plus di Indonesia

Biaya berlangganan ChatGPT Plus di Indonesia dibanderol sama seperti di Amerika Serikat, yakni sebesar 20 dollar AS atau sekitar Rp 303.500 (1 dollar AS = Rp 15.175) per bulan.

Harga ini lebih murah dibanding saat masa uji coba. Saat layanan ChatGPT berbayar masih dalam tahap uji coba menggunakan nama ChatGPT Pro, harga langganannya 42 dollar AS (setara Rp 630.000).

OpenAI, selaku pengembang ChatGPT tidak menjelaskan apa alasan mereka membanderol harga langganan ChatGPT Plus lebih murah setelah resmi diluncurkan.

Untuk saat ini, metode pembayaran ChatGPT Plus di Indonesia hanya bisa menggunakan kartu kredit yang biasa digunakan untuk melakukan transaksi lintas negara. Belum ada opsi metode pembayaran lain yang tersedia.

Lantas, bagaimana cara berlangganan ChatGPT Plus di Indonesia?

Fitur-fitur ChatGPT Plus

Secara umum, ChatGPT Plus menawarkan fitur-fitur yang lebih kaya dibanding ChatGPT versi gratis. Adapun fitur-fitur ChatGPT Plus adalah sebagai berikut:

1. Akses di jam sibuk

Fitur ChatGPT Plus yang pertama adalah tetap bisa diakses di jam sibuk. Hal ini tidak didapatkan di versi gratis.

Jam sibuk di sini diartikan sebagai peak time atau saat layanan ChatGPT sedang dipakai banyak orang di waktu yang bersamaan.

Nah, karena banyak yang mengakses, layanan ChatGPT gratis biasanya tidak bisa diakses. Biasanya, pengguna layanan ChatGPT gratis tidak bisa login di jam-jam sibuk. Bisa juga pertanyaan tidak ditanggapi karena akses sedang penuh.

Namun, pengguna ChatGPT Plus dijanjikan tidak akan mengalami kendala tersebut. Mereka akan mendapat keistimewaan, yakni tetap bisa mengakses chatbot AI itu meski di jam-jam sibuk.

2. Respons lebih cepat dan detail

Pengguna ChatGPT Plus juga akan mendapatkan respons yang lebih cepat dibanding versi gratis. Pengalaman ini diungkap oleh seorang YouTuber di kanal Mike Wheeler Media.

Dalam videonya, dia membandingkan kecepatan respons dari ChatGPT Plus dan ChatGPT biasa untuk satu informasi perintah yang sama dan waktu eksekusi tindakan yang juga relatif sama.

Hasilnya, ChatGPT Plus mampu memberikan jawaban yang lebih cepat dibanding versi gratis.
Bukan cuma itu. Video itu juga mengungkap bahwa ChatGPT Plus memberikan jawaban lebih rinci.

Dia sempat mencoba memberikan perintah yang sama pada ChatGPT biasa dan ChatGPT Plus untuk memberikan ide perayaan ulang tahun pada anak usia 10 tahun. Dari perintah itu, ChatGPT Plus bisa memberikan respons yang lebih detail.

3. Akses fitur terbaru lebih awal

Perbedaan ChatGPT Plus dan ChatGPT gratis berikutnya adalah akses terhadap fitur baru. Pengguna ChatGPT Plus bakal bisa menggunakan fitur anyar dan mendapatkan perbaikan lebih cepat dibanding pengguna ChatGPT gratis.

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/14/13300097/chatgpt-plus-resmi-di-indonesia-biaya-cara-berlangganan-serta-fitur-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke