Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Main ke Kantor Pusat Samsung Korea, Seperti Kota dengan Fasilitas Lengkap

Kesan pertama yang kami dapatkan ketika pertama kali menginjakkan kaki di Samsung Digital City adalah luas. Menurut Samsung, kantor pusatnya itu berdiri di atas tanah seluas 390 hektar.

Embel-embel "City" pada nama kantor Samsung bukan tanpa alasan. Pasalnya, Samsung Digital City memang berfungsi layaknya sebuah kota dengan fasilitas cukup lengkap khusus bagi karyawan Samsung. Salah satunya ada fasilitas olahraga, baik di dalam maupun luar ruangan.

Saat pertama kali memasuki gerbang, kami langsung disambut oleh dua lapangan basket dan tiga lapangan bola. Menurut Samsung, secara total, Samsung Digital City punya 10 lapangan basket, empat lapangan badminton, dan dua lapangan baseball yang tersebar di beberapa titik kantor.

Selain fasilitas olahraga, Samsung Digital City juga punya rumah sakitnya sendiri. Di rumah sakit itulah karyawan Samsung rutin melakukan pemeriksaan medis.

Di Samsung Digital City, ada empat gedung utama, yaitu gedung R&D (riset dan pengembangan) divisi mobile Samsung, gedung divisi display Samsung, dan gedung divisi home appliance Samsung.

Kami juga berkesempatan mencoba sajian makan siang di gedung R&D (riset dan pengembangan) divisi mobile Samsung. Saat berkunjung, ada 10 menu khas Korea yang ditawarkan.

Kami memutuskan untuk mencoba mi saus kacang hitam dengan topping telur dan keju. Tak lupa, kami juga mencicipi kimchi dan goreng-gorengan khas Korea.

Sambil berkeliling, kami juga dapat menikmati pemandangan jalanan yang indah karena bunga sakura sedang bermekaran di sekitar kantor pusat Samsung.

Tonton video pendek di bawah ini untuk ikut jalan-jalan virtual ke Samsung Headquarters "Samsung Digital City" di Suwon, Korea Selatan.

Kami bisa merunut sejarah kelahiran listrik serta kemunculan peralatan elektronik seperti radio, televisi, mesin cuci, hingga telepon genggam.

Selain itu, di Samsung Innovation Museum, kami juga bisa mengetahui sejarah dan deretan inovasi Samsung di industri elektronik selama 50 tahun terakhir.

Tak ketinggalan, Samsung Innovation Museum juga memamerkan transformasi logo Samsung Electronics dari masa ke masa. Logo Samsung setidaknya sudah berubah sebanyak 11 kali dalam 5 dekade terakhir.

Dalam bahasa Korea, Samsung berarti tiga (Sam) bintang (Sung). Itulah kenapa logo Samsung Electronics yang berwarna merah awalnya mengandung unsur tiga bintang.

Samsung menggunakan logo berwarna merah dari 1969 hingga 1992 dengan beberapa kali perubahan penulisan pada merek "Samsung".

Cerita saat keliling Samsung Innovation Museum selengkapnya bisa dibaca diartikel: Merunut Evolusi Teknologi lewat Museum Inovasi Samsung di Korea Selatan.

Atau kalian juga bisa mengintip isi Samsung Innovation Museum lewat rangkaian foto berikut ini. 

Yuk, ikut jalan-jalan virtual ke Samsung Innovation Museum dengan tonton video berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/04/11/11000027/main-ke-kantor-pusat-samsung-korea-seperti-kota-dengan-fasilitas-lengkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke