Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Fitur Baru WhatsApp di Indonesia, Ada Kirim Dokumen dengan Teks Sekaligus

Pantauan KompasTekno, Jumat (5/5/2023), ketiga fitur terbaru WhatsApp itu sudah bisa dinikmati pengguna Indonesia di aplikasi WhatsApp versi 2.23.8.76 di ponsel Android. 

Selengkapnya berikut fungsi dari tiga fitur baru WhatsApp.

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (5/5/2023), untuk memberikan kontrol lebih pada pengguna, kini, WhatsApp menambahkan toggle "Allow mutiple answers" pada fitur polling.

Ketika ikon "Allow mutiple answers" dinonaktifkan, maka polling secara otomatis akan berubah ke mode single vote alias setiap pengguna hanya bisa memilih satu jawaban dari beberapa opsi jawaban yang tersedia di polling.

Dengan mode polling single vote, hasil jajak pendapat bakal lebih akurat karena setiap pengguna hanya bisa memilih satu opsi saja. 

Namun, ketika toggle "Allow mutiple answers" diaktifkan, makan pengguna tetap bisa memilih lebih dari satu jawaban di polling.

Namun, ketika foto/video diteruskan atau di-forward atau diteruskan ke ruang obrolan lain, caption tersebut hilang. Alhasil, pengguna perlu menyalin keterangan atau mengetiknya secara mandiri.

Nah, kini WhatsApp menggulirkan pembaruan yang memungkinkan caption ikut diteruskan ketika foto/video di forward ke ruang obrolan lain.

Meski baru diumumkan sekarang, sepengalaman KompasTekno, kemampuan forward foto/video lengkap dengan caption sudah dapat dinikmati pengguna Indonesia sejak beberapa waktu lalu.

Sekarang, setelah memilih dokumen, pengguna langsung bisa menambahkan caption di kolom "Add caption" sebelum memencet tombol kirim. Sebelumnya, pengguna hanya bisa mengirimkan dokumen saja, dengan caption yang dikirim terpisah.

Dengan fitur caption untuk dokumen, pengguna dapat langsung memberikan keterangan untuk setiap dokumen yang mereka kirim.

Alhasil, pengguna tak perlu lagi repot menuliskan keterangan atau caption dokumen dalam pesan terpisah.

Cara menambahkan caption di dokumen sama saja seperti mengirim foto atau video di WhatsApp. Setelah mengeklik ikon lampiran, pilih dokumen yang hendak dikirim, lalu tambahkan caption di kolom sebelum mengetuk tombol kirim.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/05/16300087/3-fitur-baru-whatsapp-di-indonesia-ada-kirim-dokumen-dengan-teks-sekaligus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke