Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TEKNO] Ponsel Itel S23 Resmi di Indonesia | Akhir Riwayat YouTube Stori

Peluncuran Itel S23 menjadi salah satu berita teknologi terpopuler KompasTekno. Selain itu, ada pula bocoran fitur baru WhatsApp, yang bakal memungkinkan penggunanya menggunakan "username". Kemungkinan, fitur ini akan serupa dengan penggunaan username di Telegram.

Berita teknologi populer lain adalah soal akhir riwayat YouTube Stories, yang akan ditutup YouTube bulan depan. Padahal, fitur yang mirip Instagram Stories ini belum bisa dinikmati pengguna YouTube secara umum.

Selengkapnya, berikut artikel teknologi terpopuler di KompasTekno.

Itel S23 resmi di Indonesia

Itel Mobile resmi meluncurkan ponsel terbarunya, yakni Itel S23 4G. Ponsel tersebut dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan.

Meskipun "murah", Itel S23 dibekali spesifikasi yang cukup di atas rata-rata ponsel sekelasnya.
Misalnya kamera utama 50 MP, layar dengan refresh rate 90 Hz, RAM hingga 8 GB yang masih bisa diekspansi, serta baterai 5.000 mAh.

Spesifikasi Itel S23 selengkapnya bisa disimak di artikel "Ponsel Itel S23 Resmi di Indonesia, Spesifikasi Menengah Harga Rp 1 Jutaan".

Masih soal gadget. Kali ini adalah HMD global, pemegang lisensi smartphone Nokia yang menelurkan Nokia C12 di Tanah Air. Nokia C12 adalah smartphone murah dengan sistem operasi Android Go.

Nokia C12 sudah lebih dulu dirilis di Eropa pada Januari lalu. Nokia C12 datang dengan bodi yang lebih mungil ketimbang “saudaranya”, Nokia C10 atau Nokia C31.

Nokia C12 memiliki dimensi sebesar 160,6 (tinggi) x 74,3 mm (lebar) x 8,75 mm (ketebalan) dengan bobot 177,4 gram.

Bodi perangkat diklaim dapat tahan banting karena dibuat dengan bahan polikarbonat dan layarnya sudah dilapisi kaca pelindung yang tidak disebutkan merk dan jenisnya. Spesifikasi selengkapnya bisa disimak di artikel "Nokia C12 Resmi di Indonesia, Ini Harganya".

WhatsApp siapkan fitur username

WhatsApp terus menghadirkan fitur-fitur anyar agar bisa mempermudah pengguna berkomunikasi satu sama lain. Yang terbaru, pengguna kabarnya bakal bisa menggunakan nama julukan di WhatsApp melalui fitur yang bernama "Username".

Jika dibayangkan, fitur ini nantinya akan mirip seperti fitur username di Telegram dan di media sosial lain seperti Twitter, Instagram, dkk. Artinya, satu pengguna WhatsApp mungkin akan memiliki username berbeda dengan pengguna WhatsApp lainnya.

Menurut laporan WABetaInfo, fitur ini akan lebih memudahkan dan membuat pengguna lebih aman saat berkomunikasi, tanpa perlu khawatir privasi mereka terancam.

Sebab, fitur ini konon memungkinkan pengguna WhatsApp bercakap-cakap dengan pengguna WhatsApp lainnya tanpa harus mengetahui nomor ponsel mereka, asalkan tahu nama julukan alias username WhatsApp pengguna tersebut.

Bocoran fitur usernama WhatsApp selengkapnya bisa disimak di artikel "Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Bikin Username".

Penerapan program Subsidi Tepat untuk solar bersubsidi terus diperluas oleh Pertamina. Per 25 Mei, program Subsidi Tepat mulai diberlakukan di 234 wilayah kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Dengan pemberlakukan program Subsidi tepat, artinya masyarakat di 234 wilayah itu mulai sekarang wajib menggunakan QR Code atau Kode QR MyPertamina ketika hendak membeli solar subsidi di SPBU.

Untuk mendapatkan QR code, pengguna perlu melakukan pendaftaran Subsidi Tepat MyPertamina terlebih dahulu. Pendaftaran Subsidi Tepat MyPertamina bisa dilakukan lewat website subsiditepat.mypertamina.id.

Setelah terdaftar, pengguna bakal mendapat kode QR untuk nanti bisa dipakai saat hendak beli solar subsidi di SPBU. Tutorial selengkapnya bisa disimak di artikel "Beli Solar Subsidi di 234 Wilayah Wajib Pakai QR Code, Ini Cara Mendapatkannya di subsiditepat.mypertamina.id".

YouTube Stories akan ditutup akhir Juni

YouTube akan segera menutup fitur YouTube Stories 26 Juni mendatang. Padahal, usia fitur ini cukup singkat, yakni lima tahun, terhitung sejak dirilis tahun 2018 lalu.

Bahkan, fitur YouTube Stories juga belum tersebar secara merata ke seluruh pengguna YouTube. YouTube Stories merupakan fitur yang menduplikasi fitur Snapchat atau Instagram Stories.

Seperti Instagram Stories, YouTube Stories juga memungkinkan pengguna mengunggah video pendek (15 detik) dengan masa tayang yang singkat, yakni satu minggu.

Kira-kira, apa alasan YouTube menutup fitur yang usianya sangat singkat ini? Selengkapnya bisa disimak di artikel "Selamat Tinggal YouTube Stories".

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/27/07000027/-populer-tekno-ponsel-itel-s23-resmi-di-indonesia-akhir-riwayat-youtube-stori

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke