Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengatur Foto Profil WhatsApp agar Tidak Mudah Dicuri Penipu buat Scam

KOMPAS.com - Penipu online memiliki berbagai cara untuk dapat memperdaya pengguna atau korban, salah satunya dengan memakai foto profil palsu. Belakangan ini, marak beredar penipuan online atau scam lowongan kerja.

Penipu membagikan scam lowongan kerja dengan bergaya seolah-olah seperti pihak dari perusahaan resmi. Dalam melancarkan aksi seperti ini, penipu tak jarang memakai foto profil palsu yang didapatkan dari hasil mencuri foto profil milik pengguna lain.

Bila modusnya sudah seperti itu maka foto profil di berbagai platform, termasuk WhatsApp (WA), wajib buat dijaga agar tidak dicuri penipu buat melakukan aksi kejahatan seperti penipuan lowongan kerja.

Di WhatsApp sendiri, pengguna sejatinya dapat mengatur foto profil agar tidak dilihat dan diakses oleh orang lain. Untuk menghindari pencurian foto profil oleh penipu, silakan simak penjelasan mengenai cara mengatur foto profil WA di bawah ini.

Itulah penjelasan mengenai cara mengatur foto profil WhatsApp agar tidak mudah dicuri penipu. Sebagai informasi tambahan, untuk menghindari penipuan online, jangan mudah percaya informasi yang tidak dibagikan dari kanal lembaga, institusi, atau perusahaan resmi.

Pengguna juga sangat disarankan untuk tidak membagikan data pribadi ke orang asing, apa pun bentuknya. Kemudian, penting diketahui dan diingat pula, modus penipuan online itu terus berkembang.

Beberapa yang pernah kami catat, antara lain seperti modus penipuan lowongan kerja, penipuan undangan nikah, dan penipuan tagihan BPJS Kesehatan. Semua modus tersebut menargetkan untuk menguras uang pengguna.

Untuk terus berhati-hati, silakan baca lebih lengkap bagaimana ragam modus penipuan online itu beroperasi di artikel ini “Hati-hati, 3 Modus Penipuan via WhatsApp Ini Marak dalam Sebulan Terakhir”.

https://tekno.kompas.com/read/2023/06/02/13050057/cara-mengatur-foto-profil-whatsapp-agar-tidak-mudah-dicuri-penipu-buat-scam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke