Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPadOS 17 Meluncur, Bawa Fitur Custom Lockscreen dan Reactions di Face Time

iPadOS 17 akan mulai digelontorkan dalam versi beta ke sejumlah pengembang. Setelah itu, rencananya Apple baru akan merilis iPadOS 17 ke publik (semua pengguna) sekitar September hingga Desember 2023.

Di acara WWDC 2023, Apple menjelaskan beberapa fitur yang dibawa iPadOS 17. Berikut adalah deretan fitur barunya.

Salah satu fitur baru iPadOS 17 adalah "Custom Lockscreen", di mana pengguna iPad dapat menyesuaikan tampilan layar yang sedang terkunci (lock screen). Fitur ini sebelumnya sudah diluncurkan ke iOS 16.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengganti, merombak, atau mendesain ulang wallpaper mereka, menyesuaikan kebutuhan dan selera. Misalnya, menambah widget, mengganti jenis font, warna tulisan, dan sebagainya.

“Pengguna iPhone sangat menyukai personalisasi layar lockscreen. Jadi, kami membawa pengalaman tersebut ke dalam iPad. Hanya dengan mengetuk dan menahan layar (tap and hold) untuk memulai kustomisasi,” ujar Craig Federigh, SVP Software Engineering Apple di kanal YouTube Apple.

Fitur baru iPadOS 17 berikutnya adalah dukungan widget secara langsung (Live Activities). Fitur ini memungkinkan pengguna memantau status pemesanan makanan, rencana liburan, timer, hingga hasil skor pertandingan bola yang berjalan secara real-time (langsung), dan sebagainya.

Dengan widget yang menampilkan status layanan tertentu, pengguna tidak perlu membuka lockscreen perangkat.

Beralih ke fitur lainnya, Apple menghadirkan aplikasi kesehatan yang memiliki tampilan lebih besar. Hal ini dilakukan agar memudahkan pengguna memantau data kesehatan dengan cara yang lebih komprehensif.

Seluruh data kesehatan nantinya bakal langsung terintegrasi dengan produk Apple lainnya, seperti iPhone dan Apple Watch.

iPadOS 17 juga melakukan peningkatan lain untuk aplikasi Notes. Menurut penjelasan Manager Apple Pencil Software Engineering, Jenny Chen, aplikasi Notes bakal memudahkan pengguna untuk membuka, mencoret, menandatangani file dengan format PDF, dan beberapa modifikasi lainnya.

Peningkatan fitur Notes juga bakal memudahkan pengguna mengakses berbagai macam file PDF dan menulisnya menggunakan Apple Pencil. Notes juga memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan sesama pengguna iPad. Pengguna bisa mengerjakan lembar kerja yang sama di dua perangkat berbeda secara real-time.

Peningkatan Stage Manager

Apple juga membawa peningkatan untuk fitur Stage Manager. Peningkatan yang dilakukan diklaim bakal lebih fleksibel, mengubah ukuran dan posisi dari jendela layar.

Bagi yang belum familier, Stage Manager merupakan fitur yang memungkinkan pengguna membuka sejumlah aplikasi dalam satu jendela yang sama. Fungsinya untuk memudahkan pengguna melakukan multitasking.

Fitur lainnya

Peningkatan fitur lainnya adalah Face Time di iPad yang menawarkan fitur reactions. Fitur ini serupa dengan fitur di Zoom ataupun Google Meet.

Pengguna yang melakukan panggilan video dapat mengirim reaksi sederhana menggunakan beberapa emoji, seperti hati, balon, kembang api, hujan, dan sebagainya di ruang pertemuan online.

Adapun fitur baru lain yang dibawa iPadOS 17 adalah aplikasi Freeform, Keyboard, asisten virtual Siri, layanan berbagi konten AirPlay, Apple Maps, aplikasi reminder, dan peningkatan keamanan serta aksesibilitas pengguna iPad.

Ketersediaan iPadOS 17

Melansir laman resmi Apple.com, iPadOS 17 sudah tersedia untuk sejumlah pengembang Apple per hari ini, Selasa (6/6/2023). Sementara itu, iPadOS 17 versi beta kemungkinan akan digelontorkan per Juli 2023.

Beberapa peningkatan dan fitur baru disebut akan hadir terlebih dulu untuk iPad generasi 6 atau lebih baru, iPad Mini generasi 5 atau lebih baru, iPad Air generasi 3 atau lebih baru, iPad Pro generasi 2 atayu lebih baru, iPad Pro 10,5 inci, iPad Pro 11 inci generasi 1 dan lebih baru.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti program beta iPadOS 17, dapat mengeklik tautan berikut ini. 

https://tekno.kompas.com/read/2023/06/06/13300087/ipados-17-meluncur-bawa-fitur-custom-lockscreen-dan-reactions-di-face-time

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke