Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Downgrade iOS 17 Developer Beta ke iOS 16 via iTunes

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru untuk iPhone, iOS 17, telah diumumkan oleh Apple dan sudah bisa dicoba pengguna. Akan tetapi, iOS 17 yang kini sudah bisa dicoba pengguna itu adalah iOS 17 versi Beta untuk Developer atau disebut juga iOS 17 Developer Beta.

iOS 17 Developer Beta pada dasarnya merupakan sistem operasi yang masih dalam tahap uji coba dan pengembangan. iOS 17 Developer Beta digelontorkan supaya pengguna developer bisa menguji coba dan memberi masukkan.

Tujuannya untuk menyempurnakan iOS 17 versi final yang nanti bisa digunakan oleh pengguna umum atau publik. Lantaran masih dalam tahap uji coba, iOS 17 Developer Beta masih banyak bug yang dapat mengganggu pengoperasian iPhone.

Bila tertarik untuk mencobanya, silakan ikuti cara instal iOS 17 Developer Beta di tautan ini. Untuk diketahui, iOS 17 Developer Beta sejatinya tidak ditujukan untuk dipakai dalam mengoperasikan iPhone sehari-hari.

Seandainya saat menggunakan iOS 17 Developer Beta tak sesuai ekspektasi, misal ternyata banyak bug yang mengganggu, pengguna masih bisa mengembalikannya (downgrade) ke iOS lama terbaru yang stabil, yaitu iOS 16.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan iOS 17 Developer Beta ke iOS 16? Untuk downgrade iOS 17 Developer Beta ke iOS 16, caranya bisa dilakukan dengan mengakses fitur restore iPhone di aplikasi iTunes pada desktop.

Restore iPhone di iTunes pada dasarnya bakal mengembalikkan perangkat ke setelan awal pabrik. Tindakan restore bakal menghapus pemasangan atau uninstall iOS 17 Beta Developer, berikut dengan data-data yang tersimpan di iPhone.

Selanjutnya, iPhone bakal dimuat ulang dengan pemasangan iOS non-beta terkini atau iOS 16. Bila Anda hendak mengembalikan iOS 17 Developer Beta ke iOS 16, silakan simak caranya di bawah ini, sebagaimana dilansir laman resmi Apple.

Kini, iOS 17 Developer Beta berhasil dihapus dan iPhone kembali menggunakan iOS versi non-beta. Demikianlah informasi seputar cara downgrade iOS 17 Developer Beta ke iOS 16 dengan memanfaatkan iTunes, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2023/06/11/16000077/cara-downgrade-ios-17-developer-beta-ke-ios-16-via-itunes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke