Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TEKNO] - Ciri-ciri Penipuan Modus Kerja Freelance yang Marak di WhatsApp | YouTuber Ini Raup Rp 6 Miliar Dalam Setahun, Bagaimana Caranya?

Modus penipuan ini akan mengarahkan korban untuk melakukan beberapa tugas, di mana ujung-ujungnya, korban akan diminta untuk mengirim sejumlah uang sebagai deposit.

Deposit itu merupakan syarat agar bisa mendapatkan upah yang lebih tinggi. Ciri-ciri modus penipuan ini menjadi salah satu berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Selan itu, ada pula peluncuran Asus Zenfone 10. Ponsel ini membawa peningkatan dari segi kamera dengan menghadirkan sistem gimbal hybrid 6 sumbu baru, serta kemampuan wireless charging.

Ada pula berita lain soal cerita seorang YouTuber yang meraup pendapatan sebesar Rp 6 miliar dalam setahun. Bagaimana caranya?

Cerita selengkapnya ada di rangkuman berita teknologi populer KompasTekno.

Ciri-ciri penipuan modus kerja freelance

Kejahatan siber terus menghantui pengguna internet, tak terkecuali pada pengguna aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. Baru-baru ini banyak terjadi penipuan berkedok penawaran pekerjaan freelance dan part time via WhatsApp.

Tak jarang modus penipuan ini telah memakan banyak korban. Maka dari itu, untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap kejahatan siber dengan modus jenis ini, ada beberapa ciri-ciri yang bisa diperhatikan.

Selengkapnya ada di artikel "Waspada, Ini Ciri-ciri Penipuan Modus Kerja Freelance yang Marak di WhatsApp ".

Asus resmi meluncurkan smartphone terbarunya, Asus Zenfone 10 pada Kamis (29/6/2033). Ponsel ini merupakan penerus Zenfone 9 yang sudah dirilis pada November 2022 lalu.

Sebagai penerus, Asus Zenfone 10 membawa upgrade dari segi kamera dengan menghadirkan sistem gimbal hybrid 6 sumbu baru (6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization), serta kemampuan wireless charging yang absen di Zenfone 9.

Dari segi desain, Zenfone 10 masih mengusung desain bodi yang ringkas dan lebih mungil ketimbang kebanyakan ponsel yang beredar saat ini.

Spesifikasi lengkapnya bisa disimak di artikel "Asus Zenfone 10 Resmi Dirilis, Bawa Wireless Charging dan Gimbal Kamera Baru".

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Telkom Indonesia (Telkom) Tbk. resmi menandatangani akta pemisahaan (deed of spinoff) untuk menggabungkan IndiHome ke Telkomsel.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dan Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam pada Selasa (27/6/2023).

Akta pemisahan tersebut salah satunya menyatakan integrasi IndiHome ke Telkomsel bakal dicatat oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI yang direncanakan pada 1 Juli 2023.

Adanya pencatatan tersebut, IndiHome secara resmi akan berada dalam pengelolaan Telkomsel per 1 Juli 2023 ini. Informasi selengkapnya bisa disimak di artikel "IndiHome Gabung Telkomsel 1 Juli 2023".

Niantic, perusahaan pengembang game sekaligus penerbit game berbasis Agmented Reality, Pokemon Go, memangkas karyawannya. Sekitar 230 karyawan Niantic terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK).

Alasannya adalah karena perusahaan melipatgandakan jumlah karyawan saat pandemi, sedangkan pendapatan perusahaan belum sebanyak yang diharapkan. Perusahaan merasa perlu melakukan penyesuaian untuk menstabilkan bisnis.

Alasan selengkapnya bisa disimak di artikel "Perusahaan Pembuat Pokemon Go PHK 230 Karyawan dan Batal Bikin Game Baru".

Setahun jadi YouTuber langsung raup Rp 6 miliar

Saat ini, YouTube menjadi salah satu platform yang digunakan orang untuk meraup pendapatan. Pembuat konten di YouTube (YouTuber) pun bisa mendapatkan uang hingga miliaran rupiah, bahkan dalam waktu yang cukup singkat.

Begitulah yang dialami oleh Ginny Silver, YouTuber asal California, Amerika Serikat yang kini memiliki 83.500 subscriber (pelanggan) dan lebih dari 13 juta view (penayangan).

Ginny mengaku bisa mendapatkan uang sebesar 389.822 dollar AS atau setara Rp 5,84 miliar dalam setahun. Ia mengungkapkan bahwa pendapatan itu berasal dari iklan, sponsor, dan program afiliasi (affiliate) untuk video YouTube yang ia buat.

Cerita Ginny selengkapnya ada di artikel "Setahun Jadi YouTuber Langsung Raup Rp 6 Miliar, Kok Bisa?".

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/01/07000017/-populer-tekno-ciri-ciri-penipuan-modus-kerja-freelance-yang-marak-di-whatsapp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke