Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adu Kekayaan Mark Zuckerberg Vs Elon Musk, Siapa yang Lebih Tajir?

Pemantiknya adalah Threads, aplikasi mirip Twitter yang baru diluncurkan Meta dan berhasil menggaet banyak pengguna baru dalam waktu singkat.

Tantangan duel itu pun disanggupi oleh Zuckerberg. Meski begitu, belum diketahui pasti apakah duel ini bakal benar-benar terjadi sebab hingga kini Elon belum mengungkap jadwal pertandingannya.

Sebelum adu jotos, kita bisa mengadu kekayaan antara dua orang pemilik perusahaan teknologi raksasa dunia. Mark Zuckerberg memiliki perusahaan Meta yang memayungi jejaring sosial raksasa Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Sementara Elon Musk memiliki Twitter, perusahaan mobil listrik Tesla, perusahaan roket SpaceX, perushaan chip otak Neuralink, dan lainnya.

Dengan deretan bisnis itu, ini dia adu kekayaan Mark Zuckerberg vs Elon Musk. Siapa yang lebih tajir?

Data tersebut berasal dari The World's Real Time Billionaires Forbes yang merinci kekayaan bersih miliarder dunia per tanggal 12 Juli 2023.

Musk pertama kali merebut takhta orang paling tajir sedunia dari pendiri Amazon Jeff Bezos pada 2021. Setelah itu, Musk terus menjadi orang terkaya di dunia.

Namun, pada akhir tahun 2022, Musk sempat turun dari takhtanya gara-gara anjloknya harga saham Tesla. Kabarnya, saham Tesla merupakan aset terbesar yang dimiliki Musk, sehingga ini sangat memengaruhi pergerakan harta kekayaan Elon.

Kemudian setelah 6 bulan, Elon Musk kembali menjadi orang paling kaya di dunia, berkat harga saham Tesla yang menghijau.

Pada 2023 ini, khususnya di minggu ke-27 (3-9 Juli 2023), kekayaan bersihnya naik 8,2 miliar dollar AS (kira-kira Rp 122,5 triliun). Hal ini berkat lompatan saham Tesla sebesar 5 persen.

Menurut catatan Forbes, harta kekayaan pendiri Facebook ini naik 3,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 56,8 triliun) sepanjang minggu ini. Hal ini berkat harga saham Meta yang naik sekitar 3,64 persen.

Dengan total kekayaan bersih Rp 1.638,4 triliun itu, Zuckerberg menjadi orang terkaya nomor tujuh di dunia per 12 Juli 2023.

Zuckerberg menjadi miliarder sejak 2008, empat tahun setelah mendirikan Facebook. Ketika itu, Zuckerberg masuk dalam kategori miliarder hasil jerih payah sendiri (self-made) termuda di usia 23 tahun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Real Time Billionaires Forbes, Kamis (13/7/2023)

Zuckerberg memulai debutnya sebagai miliarder di posisi nomor 321 di The Forbes 400, dengan kekayaan bersih 1,5 miliar dollar AS.

Bila dibandingkan, Elon Musk memulai debutnya di daftar Miliarder Forbes empat tahun kemudian (2012). Ketika itu, Musk masuk di posisi 634 dengan nilai kekayaan bersih 2 miliar dollar AS.

Namun, berselang satu dekade, Elon Musk berada di puncak daftar orang paling tajir sedunia dengan total kekayaan Rp 3.657,7 triliun.

Sementara Zuckerberg berada di posisi ketujuh sebagai orang terkaya di dunia dengan total kekayaan berish Rp 1.638,4 triliun. Angka tersebut tak sampai setengah dari kekayaan Elon Musk.

Jadi, bisa disimpulkan berdasarkan data Forbes, Elon Musk jauh lebih tajir dibanding Mark Zuckerberg. Namun, urusan kekuatan fisik, hasilnya masih harus menunggu realisasi dari duel Elon Musk versus Mark Zuckerberg.

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/13/12254137/adu-kekayaan-mark-zuckerberg-vs-elon-musk-siapa-yang-lebih-tajir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke