Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Galaxy Watch Classic Dirilis Lagi, Apa Istimewanya?

KOMPAS.com - Samsung menggelar Galaxy Unpacked kedua pada tahun ini, pada 26 Juli lalu. Untuk pertama kalinya, perhelatan akbar Samsung itu dilangsungkan di markas perusahaan, Korea Selatan.

Sejumlah produk dirilis Samsung dalam acara itu, meliputi smartphone lipat Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5, tablet Galaxy Tab S9 series serta arloji pintar Galaxy Watch 6 series.

Galaxy Watch 6 sendiri dirilis dalam dua model, meliputi Galaxy Watch 6 "reguler" dan Galaxy Watch 6 Classic. Nah, Galaxy Watch 6 Classic terbilang spesial dalam peluncuran kali ini karena menandai dirilisnya kembali model Classic di lini seri arloji pintar Samsung.

Disebut spesial karena pendahulu Galaxy Watch 6 atau disebut Galaxy Watch 5 yang rilis tahun lalu tidak memiliki model Classic. Saat itu, Galaxy Watch juga hadir dalam dua model, terdiri dari Galaxy Watch 5 "reguler" dan Galaxy Watch 5 Pro, bukan Classic.

Jadi, model Galaxy Watch Classic sempat absen sejak Galaxy Watch 4 yang rilis tahun 2021 hingga akhirnya dirilis kembali di lini seri Galaxy Watch 6.

Apa istimewanya Galaxy Watch Classic?

Yang membuat model Classic menarik adalah bezel mekanis yang bisa diputar dengan cara mengusap atau menggesernya untuk menavigasi menu. Dukungan ini juga menjadi fitur khas yang diusung model Classic dibanding model lainnya, bahkan dibanding arloji pintar merek lainnya.

Bezel putar itu juga menjadi alternatif bagi pengguna yang ingin menavigasi menu, tetapi tanpa menyentuh layar. Singkatnya, bezel itu seperti pengendali fisik yang dimiliki oleh Galaxy Watch Classic 6.

Dukungan ini bakal membantu pengguna dalam kondisi tertentu yang mungkin menyulitkannya menavigasi layar lewat layar langsung, misalnya saat berolahraga dan lain sebagainya.

Terlepas dari dukungan itu, spesifikasi Galaxy Watch 6 Classic secara umum sama adengan model reguler. Bedanya yaitu pada aspek ukuran, material yang dipakai serta warnanya.

Galaxy Watch 6 Classic hadir dalam ukuran 43 mm dan 47 mm, sedangkan model reguler tersedia dalam ukuran 40 mm dan 44 mm. Pada aspek bahan, model Classic dibalut dengan penampang stainless, sedangkan versi reguler menggunakan alumunium.

Penggunaan material tersebut juga membuat tampilan model Classic tampak lebih klasik alias seperti arloji tradisional ketimbang model reguler. Adapun warnanya tersedia dalam kelir Black dan Silver. Berikut rincian spesifikasinya.

Spesifikasi Galaxy Watch 6 Classic

Desain Galaxy Watch 6 Classic lebih minim warna ketimbang Galaxy Watch 6. Arloji pintar ini datang dengan dua model ukuran, yaitu berdiameter 43 mm dan 47 mm.

Untuk model 47 mm, memiliki ukuran layar 37,3 mm dengan resolusi 432 x 432 piksel. Sementara model 43 mm, memiliki ukuran layar lebih kecil, yakni 33,3 mm dengan resolusi 480 x 480 piksel. Galaxy Watch 6 Classic 47 mm memiliki berat 59 gram, sedangkan model yang lebih kecil, memiliki bobot 52 gram.

Sama seperti Galaxy Watch 6 reguler, model Classic juga didukung pengisi daya cepat, dengan output 10 watt, dilansir KompasTekno dari Screenrant, Sabtu (29/7/2023).

Smartwatch ini dibekali baterai 425 mAh (47 mm) dan 300 mAh (43 mm). Menurut Samsung, daya tersebut mampu membuat arloji pintarnya bertahan sampai 30 jam bila fitur always-on display dinyalakan, atau sampai 40 jam ketika fitur itu dimatikan.

Ada pula fitur ketahanan 5 ATM, menunjukkan bahwa smartwatch ini tahan tekanan setara kedalaman 50 meter di bawah air.

Selain itu, smartwatch ini juga mengantongi sertifikat IP68 yang menunjukkan perangkat ini bisa bertahan dari air dan debu.

Fitur lainnya, sama seperti model reguler, antara lain fitur “Sleep Management”. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan Galaxy Watch 6 series mendeteksi kualitas tidur pengguna, disertai dengan laporan yang mendalam. Kualitas tidur yang diperhatikan adalah light sleep, deep sleep, hingga REM (Rapid Eye Movement).

Ketika pengguna menggunakan Galaxy Watch 6 series semalaman, perangkat bakal langsung merekam dan mendeteksi kualitas tidur penggunanya. Laporan tidur nantinya bakal terintegrasi langsung dengan aplikasi Samsung Health.

Selain memantau kualitas tidur, arloji pintar ini juga melatih (coaching) dan memberi motivasi (motivational) kepada penggunanya agar bisa meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik lagi. Motivasi yang dilakukan adalah dengan mendeteksi kualitas tidur harian dalam jangka waktu lama.

Dalam proses memperbaiki kualitas tidur, pengguna bisa memantau tidur harian di keesokan harinya. Aplikasi bakal mencatat dengan lengkap durasi tidur, aspek kualitas tidur mana yang dianggap masih kurang, dan pemberian skor.

Semakin tinggi angkanya, artinya kualitas tidur yang dilakukan sudah membaik atau cukup baik. Sebaliknya, jika skor yang diberikan justru rendah, pengguna akan diimbau untuk segera memperbaiki kualitas tidur.

Fitur penunjang aktivitas olahraga

Selain itu Galaxy Watch 6 series juga berfokus pada aktivitas olahraga. Kini, jenis olahraga yang ditawarkan lebih beragam dibanding sebelumnya. Perangkat juga diklaim lebih pintar karena dapat mendeteksi beberapa olahraga yang berbeda sekaligus.

Sama seperti arloji pintar lainnya, smartwatch garapan Samsung ini juga dapat melakukan penyesuaian (custom) dari jenis olahraga yang dilakukan, mendeteksi detak jantung, hingga memantau ECG (electrocardiogram). Fitur ini dinilai penting karena dapat membantu pengguna terhindar dari penyakit jantung.

Adapun Galaxy Watch 6 series dapat memantau kadar oksigen dalam darah, mengecek tekanan darah, dan memantau siklus menstruasi untuk pengguna wanita. Hanya saja, fitur memantau siklus haid masih tersedia terbatas di beberapa wilayah tertentu. Indonesia, dalam hal ini, masih belum kebagian.

Fitur pendukung lainnya adalah kemampuan untuk men-download sejumlah aplikasi seperti Gmail, Google Calendar, WhatsApp. Untuk aplikasi kesehatannya adalah MyFitness Pall dan Peloton.

Samsung Galaxy Watch 6 series juga dapat terintegrasi langsung dengan smartphone Samsung, seperti Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5. Misalnya, smartwatch dapat digunakan untuk memotret atau mengatur zoom kamera dari Galaxy Z Flip 5 atau Z Fold 5.

Harga Samsung Galaxy Watch 6 Classic

Harga Samsung Galaxy Watch 6 Classic di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Galaxy Watch 6 Classic 43 mm: Rp 5.499.000 juta
  • Galaxy Watch 6 Classic 47 mm: RP 6 juta

Pembelian pre-order Galaxy Watch 6 series sudah sejak 26 Juli hingga 17 Agustus 2023. Konsumen yang melakukan pre-order akan mendapat sejumlah benefit dan potongan harga, seperti gratis tali strap seharga Rp 600.000, pembelian bundling perangkat Samsung yang lain dapat bonus hingga Rp 750.000, dan masih banyak lagi. Pemesanan Galaxy Watch 6 Classic bisa diakses di situs ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/28/19200057/samsung-galaxy-watch-classic-dirilis-lagi-apa-istimewanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke