Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keyboard Gaming Ini Mirip Konsol Nintendo Jadul

Retro Mechanical Keyboard memiliki layout ten key less (87 tombol) dengan tema warna merah-putih-hitam-abu-abu layaknya Nintendo Entertainment System (NES) yang populer di dekade 80-an dulu. Lengkap pula dengan kenop mekanik untuk mengatur volume.

Satu lagi keunikannya terletak di aksesori pendamping berupa sepasang tombol raksasa warna merah, mirip tombol di gamepad NES. Kedua tombol bersifat programmable dan fungsinya bisa diganti-ganti, termasuk untuk menjalankan macro.

Keyboard berbobot sekitar 1 kg ini memiliki top plate berbahan aluminium, sementara tombol-tombol menggunakan material keycaps dye-sub PBT. Di baliknya terdapat rangkaian switch mekanik hot-swappable Kailh Box (White V2).

Meskipun bertampang jadul, Retro Mechanical Keyboard punya spesifikasi modern seperti keyboard gaming mekanik pada umumnya.

Fitur-fiturnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Selasa (1/8/2023), termasuk N-key rollover serta koneksi wireless via 2,4 GHz atau Bluetooth, di samping wired lewat USB C.

Selain "N-edition" berpenampilan ala NES di Amerika Serikat, tersedia pula varian lain bernama "Fami Edition" dengan tema warna berbeda, khas kembaran NES di Jepang, yakni Famicom.

Di situsnya, 8BitDo memasarkan Retro Mechanical Keyboard lewat pre-order dengan banderol 100 dollar AS (Rp 1,5 juta), sudah termasuk aksesori Super Buttons. Produknya dijadwalkan mulai dikirim pada 20 September 2023.

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/01/16310017/keyboard-gaming-ini-mirip-konsol-nintendo-jadul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke