Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rumor Galaxy Z FE Menyeruak, HP Lipat Samsung Versi Murah?

KOMPAS.com - Ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5 resmi meluncur akhir Juli lalu di Korea Selatan. Setelah meresmikan dua smartphone premium tersebut, Samsung dilaporkan sedang menyiapkan ponsel lipat lain dengan harga yang lebih murah.

Kabarnya, smartphone lipat murah Samsung nanti akan bernama Galaxy Z-series FE. Bocoran soal Galaxy Z-series FE awalnya dibagikan oleh tipster atau pembocor gadget dengan handle @Tech_Reve di platform X (dulu Twitter).

Dalam postingnya, @Tech_Reve mengatakan bahwa Samsung sedang menguji coba Galaxy Z-series FE.

Smartphone lipat murah tersebut diperkirakan akan meluncur setelah Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 dirilis ke publik.

Salah satu contohnya yaitu Galaxy S21 FE yang spesifikasinya lebih rendah dari lini seri Galaxy S21. Kendati demikian, desainnya dibuat cukup mirip dan jeroannya masih di kategori premium/flagship.

Nah, hal yang sama kabarnya juga akan berlaku untuk Galaxy Z-series FE. Seri ini kemungkinan bakal menjadi versi murah dari Galaxy Z Fold atau Galaxy Z Flip terbaru 2024. Kemungkinan, embel-embel "FE" akan disematkan ke Galaxy Z Flip/Fold 6 series, menjadi Galaxy Z Fold 6 FE atau Galaxy Z Flip 6 FE.

Menilik tradisi Samsung yang biasanya meluncurkan ponsel lipat baru di bulan Agustus, maka ada kemungkinan Galaxy Z Fold 6 FE atau Galaxy Z Flip 6 FE dirilis setelah Agustus 2024, atau mungkin awal 2025.

Namun, karena masih dalam tahap uji coba, belum dapat dipastikan apakah Galaxy Z-series FE bakal dirilis ke publik atau sebatas uji coba internal saja, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Rabu (23/8/2023).

Pihak Samsung juga belum memberikan informasi apapun soal Galaxy Z-series FE.

Ambisi di pasar ponsel layar lipat

Samsung memang cukup berambisi dalam pasar ponsel lipat global. Perusahaan asal Korea Selatan ini ingin agar di masa depan, ponsel layar lipat menjadi perangkat yang membumi.

Salah satu strateginya adalah dengan menelurkan ponsel layar lipat dengan rentang harga yang lebih beragam. Hal tersebut pernah dikatakan President and Head of MX Business Samsung Electronics, TM Roh dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg.

"Kami akan mencoba membuat hal baru dalam penentuan harga (ponsel lipat)," kata Roh.

Dalam kesempatan berbeda, petinggi Samsung lainnya, yakni Drew Blackard, wakil presiden marketing produk Samsung Mobile Amerika Serikat mangatakan, peluang ponsel lipat murah cukup terbuka.

"Ponsel lipat pada akhirnya akan menjangkau harga yang murah," kata Blackard, dihimpun dari Tom's Guide.

"Tentu saja, seiring waktu dan perkembangan teknologi, kami akan terus mencari inovasi dan mudah-mudahan, harganya (ponsel lipat) bisa turun ke depannya," imbuhnya.

Rumor ponsel lipat murah sudah lama beredar

Rumor soal smartphone lipat murah sebenarnya sudah muncuk sejak lama.

Awal Juni 2022, pembocor gadget ulung yang biasa mengumbar bocoran produk terbaru Samsung di Twitter, @chunvn8888, menyebutkan bahwa Samsung tengah bersiap membuat ponsel lipat versi lebih murah.

Ponsel lipat murah itu diyakini masuk ke seri kelas menengah Samsung, yakni Galaxy A.

Pada akhir Juni 2022, rumor itu pun ikut diamini oleh ET News, outlet media asal Korea Selatan yang kerap akurat memberikan bocoran.

ET News melaporkan bahwa Samsung tengah memproduksi smartphone lipat entry-level, yang konon bernamaGalaxy A Fold/Flip. Kabarnya, ponsel lipat ini akan dijual dengan harga di bawah 1 juta won atau sekitar Rp 11,4 jutaan.

Meski begitu, ponsel lipat dengan harga murah ini konon baru akan hadir setidaknya tahun 2024.

Menurut laporan ET News, Samsung mengakali harga murah itu dengan memangkas fitur premium yang dibawa Galaxy Z Fold dan Z Flip. Jadi, nantinya, ponsel lipat murah yang diyakini dari seri Galaxy A itu hanya akan membawa fungsi-fungsi inti saja.

Namun, laporan ET News tidak merinci fitur premium mana yang bakal dipangkas Samsung dari smartphone lipat utamanya ke ponsel lipat Galaxy A. Sama seperti rumor Galaxy Z-series FE, Samsung juga belum mengonfirmasi kabar terkait Galaxy A Fold/A Flip ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/23/13300087/rumor-galaxy-z-fe-menyeruak-hp-lipat-samsung-versi-murah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke