Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengguna WhatsApp Bisa Bikin Grup tanpa Nama

Grup tanpa nama ini bukan menghilangkan seluruh nama grup sepenuhnya. Menurut penjelasan Zuckerberg, jika pengguna membuat grup yang tidak diberi nama, maka sistem akan secara otomatis menamai grup tersebut sesuai dengan nama anggota di dalamnya.

“Mempermudah memulai grup WhatsApp dengan memberi nama berdasarkan siapa saja yang ada di dalam ruang obrolan, ketika Anda merasa tidak tahu ingin menamainya (grup) apa,” tulis Zuckerberg.

Zuckerberg memberi contoh. Sebuah grup dibuat tanpa diberi nama dan anggota di dalam grup tersebut adalah Rocco dan Li-Chen. Secara otomatis, grup tersebut akan diberi nama Rocco & Li-Chen.

Gambar tersebut mengindikasikan bahwa nama grup tersebut merupakan gabungan dari nama peserta yang ada di dalam grup/ruang obrolan.

Biasanya, ketika membuat sebuah grup, pengguna WA memang wajib memberi nama grup tersebut.

Banyaknya grup yang harus dibuat menggunakan nama, mungkin akan menyusahkan bagi sebagian orang. Pengguna yang merasa dirinya tidak kreatif dalam memberi nama grup bisa saja mengalam kesulitan atau kendala.

Fitur baru ini bisa menjadi solusi atas masalah tersebut. Namun, mengutip dari The Verge, Senin (28/8/2023), grup tanpa nama ini hanya berlaku untuk grup yang berisikan enam orang saja.

Jadi, fitur ini tidak tersedia untuk grup besar yang berisikan ratusan atau ribuan orang. Meski demikian, aturan ini bisa saja berubah ke depannya.

Tampilan nama yang muncul juga berbeda-beda di tiap perangkat. Nama yang muncul akan disesuaikan dengan nama kontak yang disimpan oleh pengguna.

Misal, Anda menamai kontak lain (misal) “Caroline”, sedangkan orang lain menulis “Oline", maka tampilan namanya akan sesuai dengan nama kontak yang disimpan.

Dalam kasus lain, jika Anda belum menyimpan nomor kontak peserta terkait, tampilan nama yang muncul berupa nomor kontak yang terdaftar di WhatsApp.

Pantauan KompasTekno, WhatsApp Android versi 2.23.16.76 sudah kedapatan fitur ini. Ketika membuat grup baru, nama grup tertulis opsional.

Bila Anda belum kedapatan fitur ini, jangan khawatir. Sebab, WhatsApp dilaporkan tengah menggelontorkan fitur tersebut secara bertahap ke seluruh pengguna global dalam beberapa minggu ke depan.

WhatsApp beberapa waktu belakangan ini memang tengah rajin merilis fitur baru. Contohnya adalah dukungan untuk mengirim foto beresolusi tinggi HD (High Definition), share screen (berbagi layar) saat melakukan panggilan video, dll.

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/28/12310037/pengguna-whatsapp-bisa-bikin-grup-tanpa-nama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke