Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Bug, Game Starfield Tidak Bisa Tampilkan Matahari dan Bintang

Bethesda sendiri bekerja sama dengan AMD untuk mengoptimalkan game "Starfield" di Xbox dan PC, termasuk komputer dengan prosesor (CPU) Ryzen 7000 series dan unit pengolah grafis (GPU) Radeon 7000.

Namun, pengguna dengan GPU AMD justru melaporkan adanya kerusakan atau bug. Pengguna GPU AMD Radeon, termasuk Radeon RX 7000 dan RX 6000 tidak bisa melihat bintang atau matahari di "Starfield".

Padahal, bintang atau matahari menjadi salah satu elemen yang membuat game Starfield tampak realistis.

Bug ini pertama kali ditemukan oleh seorang pengguna forum Reddit dengan handle Yoraxx. Ia mengatakan, komputer yang menggunakan GPU AMD tidak akan menampilkan (render) bintang di tata surya, saat pengguna berada di bulan atau objek planet lainnya.

"Game 'Starfield' Anda tidak menampilkan matahari. Anda masih bisa melihat efek cahaya dan bayangan, tetapi Anda tidak bisa melihat matahari, baik ketika berada di bulan maupun di planet tertentu," ungkap Yoraxx.

"Hal ini mungkin menjadi masalah pada semua kartu AMD 6000 dan 7000 series yang lebih baru. Sayangnya belum ada banyak perhatian mengenai masalah ini, mungkin karena tidak ada pemain yang benar-benar memperhatikan bintang tersebut," imbuh Yoraxx.

Dalam posting, Yoraxx membandingkan tampilan grafis "Starfield" ketika menggunakan GPU AMD dan Nvidia.

Gambar di bawah ini menampilkan visual "Starfield" saat menggunakan GPU AMD Radeon RX 7900 XT. Walaupun grafiknya terlihat ciamik, pengguna tidak bisa melihat bintang atau matahari yang justru menjadi sumber cahaya di bulan.

"Saya menghapus game 'Starfield', karena saya tidak tahan bermain game antariksa yang tidak bisa menampilkan matahari", tulis Yoraxx.

Pengguna Reddit lainnya pun ikut mengkritik "Starfield" dan Bethesda Game Studios.

"Padahal game ini disponsori AMD, ya," tulis pengguna dengan handle Mightylink.

"Bug ini benar-benar ada? Apakah Bethesda hanya menggunakan GPU Nvidia saat menguji coba 'Starfield'?" tanya pengguna lainnya dengan handle beat3r.

Sejauh ini, Bethesda belum memberi tanggapan terkait adanya bug bintang ini. Penyebab pastinya juga belum diketahui, tetapi setidaknya sudah ditemukan bahwa bug ini memengaruhi GPU AMD 6000 dan 7000 series.

Bethesda kemungkinan akan meluncurkan pembaruan (patch) untuk menanggulangi isu ini, setelah mereka mendapatkan laporan terkait bug matahari tersebut.

Alternatifnya, pengguna bisa menunggu komunitas modding yang rutin meluncurkan modifikasi (mod), yang mengoptimalkan pengalaman bermain "Starfield", sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Wccftech, Senin (11/9/2023).

https://tekno.kompas.com/read/2023/09/11/14060047/ada-bug-game-starfield-tidak-bisa-tampilkan-matahari-dan-bintang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke