Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Macam Web Browser dan Cara Kerjanya dalam Mengakses Internet

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui macam-macam web browser, terutama mereka yang tengah belajar mengakses internet. Pengguna yang sudah terbiasa mengakses internet mungkin sudah mengerti macam-macam web browser.

Akan tetapi, pengguna yang baru belajar mengakses internet bisa saja belum mengerti. Jika baru belajar dan belum mengerti, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap macam-macam web browser.

Macam-macam web browser itu perlu diketahui untuk memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi program mana saja yang bisa dipakai mengakses internet. Lantas, apa saja macam web browser? Untuk lebih lengkapnya, simak daftar contoh web browser di bawah ini.

Macam-macam web browser

Browser atau web browser adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi, mengambil, dan menampilkan informasi yang tersedia di jaringan internet World Wide Web (WWW). Mudahnya, web browser adalah software untuk browsing.

Informasi yang dapat ditampilkan browser bisa berupa gambar, halaman web, video, dan konten lain yang semuanya terhubung melalui sistem hypertext dan dikategorikan dengan bantuan URL (Uniform Resource Identifiers).

Browser merupakan program klien karena berjalan pada perangkat milik pengguna. Browser bisa dibilang berfungsi sebagai antarmuka atau penjembatan antara pengguna dan segala konten di jaringan internet.

Beberapa fungsi browser antara lain, seperti membuka halaman website, menampilkan konten dari website, memudahkan dalam menjelajahi website, dan menyimpan data halaman website yang telah dikunjungi.

Tanpa browser, pengguna rasanya bakal kesulitan untuk mengakses atau menjelajahi informasi (browsing) di internet. Saat ini, terdapat beberapa browser yang biasa dipakai untuk mengakses internet.

Beberapa browser yang cukup populer dipakai, antara lain seperti Mozilla, Chrome, dan Safari. Selain itu, masih terdapat banyak lagi. Adapun macam-macam web browser adalah sebagai berikut:

  • Google Chrome
  • Microsoft Edge
  • Mozilla Firefox
  • Safari
  • Opera
  • UC Browser
  • Vivaldi
  • Samsung Internet
  • Brave
  • DuckDuckGo

Adapun penjelasan dari masing-masing web browser di atas adalah sebagai berikut:

Google Chrome merupakan browser internet yang dikembangkan oleh Google. Chrome dirilis pertama kali pada tahun 2008 untuk Microsoft Windows, kemudian diadaptasi ke Android, iOS, Linux, dan macOS.

Saat ini Chrome menjadi browser web paling populer dengan pangsa global lebih dari 50 persen. Untuk mengunduh versi terbaru browser ini, pengguna dapat mengunjungi laman berikut ini.

Microsoft Edge adalah web yang dikembangkan oleh Microsoft. Web browser ini resmi dirilis pada 29 Juli 2015 dan biasanya hadir menjadi satu paket dalam perangkat yang menjalankan sistem operasi Windows.

Microsoft Edge sekarang bisa digunakan pada berbagai perangkat, baik ponsel maupun komputer atau laptop. Untuk mengakses Edge, pengguna dapat mengunduhnya melalui tautan resmi dari Microsoft ini.

Mozilla Firefox merupakan browser lintas platform web yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla. Firefox sendiri merilis versi pertama yaitu 1.0 pada 9 November 2004. Saat pertama kali rilis, Firefox telah diunduh lebih dari lima juta unduhan dalam 12 hari.

Firefox 1.0 saat itu merupakan browser yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. Untuk mengakses Mozilla Firefox versi terbaru, pengguna dapat mengunduh peramban ini di laman resmi Mozilla pada tautan berikut ini.

Safari merupakan browser yang khusus ditujukan untuk perangkat-perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, dan Mac. Browser buatan Apple ini resmi dirilis pada 7 Januari 2003. Safari biasanya sudah otomatis terinstal di perangkat Apple.

Opera merupakan browser web yang juga sudah lama ada. Rilis perdana pada 26 April 1995, Opera dikembangkan oleh perusahaan Opera Software sebuah perusahaan pengembang aplikasi asal Norwegia.

Opera dapat dijalankan di berbagai perangkat dan sistem operasi, seperti Microsoft Windows, MacOS, Solaris, FreeBSD, dan Linux. Pengguna dapat mengunduh Opera di situs resminya lewat tautan berikut ini.

UC Browser adalah web browserpada perangkat ponsel. UC Browser rilis pada 2004. Peramban ini dapat digunakan untuk semua sistem operasi ponsel. Pengguna bisa mengunduh UC Browser via Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Vivaldi merupakan web browser yang dikembangkan oleh perusahaan Vivaldi Technologies. Perusahaan ini didirikan olen mantan CEO Opera Software Jon Stephenson von Tetzchner dan rekannya Taksuki Tomita.

Vivaldi Technologis rilis pertama kali pada 3 November 2015 dan meluncurkan versi beta pertama yang telah diunduh lebih dari dua juta kali. Jika ingin mencoba peramban satu ini, pengguna dapat mengunduh Vivaldi di laman resminya lewat tautan berikut ini.

Samsung Internet merupakan web browser dari Samsung. Pada awalnya, browser ini hanya tersedia dan dapat digunakan di beberapa ponsel tertentu seperti Samsung, Google Nexus, dan Pixel.

Namun, Samsung Internet kini dapat digunakan di berbagai ponsel Android dengan minimal versi Android 5.0. Browser ini juga didukung dengan beberapa fitur seperti mode incognito dan night mode. Pengguna dapat mengunduh Samsung Internet di tautan berikut ini.

Brave merupakan browser yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Brave Software, Inc. Brave merupakan browser yang mengutamakan dan berfokus pada privasi pengguna. Browser ini punya pengaturan default yang bisa memblokir iklan online dan pelacak situs web.

Brave dirilis pada 13 November 2019. Pada Desember 2021, Brave sudah memiliki lebih dari 50 juta pengguna aktif bulanan dan 15,5 juta pengguna aktif harian. Pengguna dapat mengunduh Brave di tautan berikut ini.

DuckDuckGo atau biasa disebut DDG merupakan browser yang dikembangkan oleh Gabriel Weinberg dan diluncurkan pertama kali pada 29 Februari 2008. Browser ini juga berfokus pada privasi pengguna.

DuckDuckGo dapat digunakan di berbagai perangkat dan sistem operasi. Pengguna yang berminat mencoba DuckDuckGo bisa mengunduh web browser ini melalui tautan resmi berikut.

Itulah macam-macam web browser atau peramban web yang biasa dipakai mengakses internet. Pengguna bisa memakai salah satu dari semua web browser tersebut untuk mengakses internet, baik di ponsel maupun komputer.

Dengan memahami macam-macam web browser tersebut, pengguna setidaknya dapat lebih mudah untuk mengidentifikasi program mana saja yang bisa digunakan mengakses internet.

Sebagai informasi tambahan, dalam menjalankan fungsi untuk membuka halaman web atau konten online lainnya di internet, web browser memiliki cara yang hampir sama, meski memiliki beberapa jenis. Adapun penjelasan cara kerja web browser adalah sebagai berikut.

Cara kerja web browser

Dikutip dari Javat Point, cara kerja browser dapat dilihat saat pengguna mulai memasukkan alamat website atau URL ke bilah pencarian yang tersedia.

Jadi, ketika seorang pengguna memasukkan alamat website atau URL, seperti kompas.com atau google.com, ke dalam bilah pencarian dan meminta browser untuk menampilkannya, permintaan tersebut bakal diteruskan ke Domain Name Server (DNS).

Permintaan untuk menampilkan website itu disalurkan melalui jaringan internet dengan menggunakan protokol komunikasi HTTP (Hypertext Transfer – Transfer Protocol) atau HTTPS (Hypertext Transfer- Transfer Protocol Secure).

Untuk diketahui, DNS adalah server yang menyimpan daftar alamat IP (Internet Protocol) dari semua server website. Jadi, saat pengguna mencari alamat website di browser, DNS bakal memberikan alamat IP dari server website tersebut ke browser untuk dihubungi.

Ketika server website sudah menerima permintaan, server akan mengumpulkan informasi tentang data yang diminta dan meneruskannya kembali ke browser. Setelah itu, browser akan menerjemahkan dan menampilkan data tersebut ke layar perangkat pengguna.

Dari penjelasan di atas, cara kerja browser secara ringkas adalah sebagai berikut:

https://tekno.kompas.com/read/2023/10/15/16150037/10-macam-web-browser-dan-cara-kerjanya-dalam-mengakses-internet

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke