Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Melihat Password Gmail yang Lupa di HP dan Laptop dengan Mudah

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu untuk mengetahui cara melihat password gmail yang lupa. Masalah lupa password Gmail (akun e-mail Google) umum terjadi pada pengguna. Masalah lupa kata sandi Gmail bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Misalnya, pengguna jarang mengakses Gmail miliknya, sehingga jarang pula memasukkan kata sandinya dan akhirnya lupa. Kemudian, masalah lupa password Gmail juga bisa disebabkan karena password punya kombinasi yang rumit, sehingga sulit dihafalkan.

Jika sudah lupa password Gmail, pengguna mungkin bakal kerepotan. Pasalnya, akun Gmail saat ini tak hanya dipakai untuk mengakses layanan e-mail Google, tetapi digunakan juga untuk mengakses pula berbagai layanan Google lain yang saling terhubung.

Seandainya lupa kata sandi Gmail, pengguna akhirnya jadi tidak bisa membuka berbagai layanan Google, seperti Google Drive, Play Store, Google Docs, dan sebagainya, yang sama-sama butuh untuk login akun Gmail.

Lupa password Gmail itu cukup merepotkan, tetapi bukan berarti tak ada solusinya. Saat lupa kata sandi Gmail, pengguna sejatinya masih bisa melihat data password miliknya kembali. Lantas, bagaimana cara melihat password Gmail yang lupa?

Jika saat ini tengah lupa password Gmail sendiri, tak usah panik. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara mengetahui password Gmail sendiri yang lupa dengan mudah. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Cara mengetahui password Gmail sendiri yang lupa

Ada banyak cara yang bisa dilakukan pengguna untuk melihat password Gmail yang lupa. Secara umum, cara melihat kata sandi Gmail yang lupa dapat dilakukan di HP (handphone) ataupun laptop, dengan memanfaatkan fitur simpan password.

Perlu diketahui, fitur simpan password biasanya tersedia di aplikasi browser atau di sistem perangkat. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menyimpan data kata sandi dari akun di beberapa platform, password dari Gmail.

Saat password Gmail sebelumnya telah tersimpan, pengguna bisa melihatnya kembali jika lupa. Adapun penjelasan cara melihat kata sandi Gmail yang lupa melalui fitur simpan password di laptop dan HP adalah sebagai berikut:

Cukup mudah bukan cara melihat password Gmail sendiri yang lupa? Dengan cara di atas, pengguna tak perlu panik apabila lupa password Gmail sendiri. Sebab, password Gmail bisa dilihat kembali dengan mudah dan cepat, baik melalui laptop maupun HP.

Meski mudah, penting diingat, cara di atas hanya bisa dilakukan apabila pengguna sudah pernah login Gmail di browser, serta telah menyimpan data akunnya yang terdiri dari username dan password.

Jika data login tak disimpan maka pengguna tak akan bisa melihat kembali kata sandinya. Jadi, ada baiknya pengguna tetap senantiasa mengingat sendiri kata sandi Gmail. Itulah cara melihat password Gmail sendiri di HP dan laptop dengan mudah, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2023/10/21/11300057/5-cara-melihat-password-gmail-yang-lupa-di-hp-dan-laptop-dengan-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke