Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uji Main 5 Game Berat dengan Samsung Galaxy Tab S9 FE

Samsung Galaxy Tab S9 FE diotaki System-on-Chip (SoC) Exynos 1380 berfabrikasi 5 nm, dengan kecepatan (clockspeed) hingga 2,4 GHz.

Chip dengan delapan inti CPU (octa-core) ini dipadukan dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan 128 GB yang bisa diperluas dengan microSD hingga 1 TB.

Dengan spesifikasi demikian, seperti apa performa gaming Samsung Galaxy Tab S9 FE? Berikut hasil pengujian KompasTekno dengan memainkan lima game berat, mulai Genshin Impact hingga Mobile Legends: Big Bang.

Berdasarkan uji coba yang kami lakukan, Samsung Tab S9 FE nyaman digunakan untuk bermain Genshin Impact.

Catatannya, pemain harus memilih pengaturan grafis "rata kiri" alias "Lowest". Dengan grafis seperti ini, visual game terlihat lebih minimalis tetapi jalannya game akan terasa lebih mulus.

Ketika sedang mengeksplorasi kota Fontaine, KompasTekno mendapatkan frame rate sekitar 49 hingga 53 fps yang terkadang turun menjadi 39 fps, misalnya ketika sedang melompat dari tempat tinggi atau melihat sekeliling karakter dengan cepat.

Yang menarik, frame rate yang didapat saat sedang bertempur dengan musuh juga berada di kisaran 45 hingga 50 fps. Jumlah fpstersebut bisa dilihat pada gambar di atas, tepatnya pada bagian kiri atas di sebelah tulisan "Current Average fps".

Memang, frame rate bisa turun menjadi sekitar 37 fps ketika ada banyak partikel dalam pertarungan. Namun, pengalaman bermain Genshin Impact tetap terasa nyaman.

Beda cerita jika pengguna memilih pengaturan grafis "rata kanan" alias "High". Ketika menjelajahi kota, frame rate yang dihasilkan hanya 32 fps saja. Itupun mengalami penurunan menjadi 20 fps sekitar lima detik sekali. Frame rate seperti ini tentu tidak ideal.

Dengan begitu, KompasTekno tidak merekomendasikan pemain menggunakan grafik "rata kanan", supaya pengguna memiliki pengalaman bermain yang optimal dan agar suhu tablet tetap terjaga.

Pantauan kami, tablet ini tetap mendapatkan 61 fps secara konsisten di kedua pengaturan tersebut. Karena sama, pengguna bisa menggunakan grafis "High" agar game tampil lebih realistis saat dimainkan.

Terlepas dari itu, spesifikasi Samsung Tab S9 FE sudah lebih dari cukup, apabila pengguna ingin memanfaatkannya untuk bermain game shooter itu.

Sebenarnya ada pula fitur "HDR", "Ultra HDR", dan "Extreme HDR" yang lebih baik, tetapi opsi grafis tersebut belum tersedia di Samsung Tab S9 FE.

Jumlah fps yang sama juga diperoleh apabila pengguna memilih grafis rendah atau yang dinamai "Smooth". Performa tablet tetap ngebut saat kami bertempur dalam medan peperangan di PUBG Mobile.

Dapat 60 fps di Free Fire

Dengan frame rate seperti ini, pengguna akan merasa nyaman ketika harus menggunakan kemampuan (skill) atau item yang kemungkinan bisa menurunkan fps, seperti bom asap Smoke Grenade atau dinding Gloo Wall.

Mobile Legends: Bang Bang sangat lancar, hingga 90 fps

Jadi, kualitas visual tetap baik dengan mempertahankan frame rate yang tinggi. Artinya ketika sedang teamfight 5v5, game akan berjalan mulus tanpa patah-patah.

Frame rate yang sama diperoleh ketika pengguna menggunakan grafis rendah "Smooth" dan frame rate "Super". Dalam pengaturan ini, grafik MLBB menjadi lebih buram dan minim detail, tetapi angka fps tetap sama seperti grafis"Ultra".

Oleh karena itu, idealnya pengguna memilih grafis "Ultra" agar visual tetap enak dipandang. Tercapainya angka 90 fps juga ikut memanfaatkan refresh rate 90 Hz yang dimiliki tablet Samsung Tab S9 FE.

Di luar itu, seharusnya Samsung Tab S9 FE bisa memainkan berbagai game mobile yang lebih "ringan" dari deretan game yang sudah dibahas sebelumnya.

Samsung Tab S9 FE "reguler" tersedia dalam dua varian, yakni Samsung Galaxy Tab S9 FE Wi-Fi Only dan Samsung Tab S9 FE 5G.

Bedanya, varian Wi-Fi Only hanya mendukung Wi-Fi, sedangkan varian 5G bisa menggunakan konektivitas 5G via seluler. Berikut ini harganya:

  • Harga Samsung Galaxy Tab S9 FE Wi-Fi Only (6/128 GB) – Rp 6.499.000
  • Harga Samsung Galaxy Tab S9 FE 5G (6/128 GB) – Rp 7.499.000

https://tekno.kompas.com/read/2023/11/06/19280027/uji-main-5-game-berat-dengan-samsung-galaxy-tab-s9-fe

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke