Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop dengan Mudah biar Internetan Lancar

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui cara memperkuat sinyal WiFi di laptop. Cara tersebut bakal dibutuhkan pengguna terutama ketika sedang internetan di laptop menggunakan jaringan WiFi dari router, tetapi sinyalnya lemah.

Ketika sinyal WiFi lemah, koneksi internet di laptop bisa melambat atau bahkan tidak ada sama sekali. Kondisi ini bakal merepotkan pengguna. Pasalnya, pengguna jadi tidak bisa mengakses internet secara lancar di laptop.

Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga, pengguna butuh mengetahui cara memperkuat sinyal WiFi di laptop. Namun, sebelum mengetahui caranya, ada baiknya pengguna memahami dulu penyebab sinyal WiFi lemah di laptop.

Lantas, kenapa sinyal WiFi lemah di laptop bisa terjadi? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai penyebab sinyal WiFi lemah di laptop.

Penyebab sinyal WiFi lemah di laptop

Ada beberapa penyebab sinyal WiFi lemah di laptop. Adapun penyebab yang paling umum terjadi adalah posisi laptop terlampau jauh dengan perangkat router, sehingga tidak dapat menangkap sinyal WiFi secara optimal.

Kemudian, penyebab sinyal WiFi lemah di HP adalah terdapat gangguan pada sistem laptop. Selain itu, gangguan yang bisa menimbulkan sinyal WiFi lemah di laptop juga bisa datang dari router yang digunakan.

Gangguan-gangguan itu pada dasarnya bisa diatasi secara mandiri oleh pengguna jika terjadi masalah sinyal WiFi lemah di laptop. Lantas, bagaimana cara agar sinyal WiFi kuat di laptop?

Jika tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menguatkan sinyal WiFi di laptop dengan mudah dan praktis.

Cara memperkuat sinyal WiFi di laptop

Ada beberapa cara menguatkan sinyal WiFi di laptop. Adapun cara yang paling umum dapat dilakukan adalah dengan meletakkan router secara tepat agar dekat dengan laptop. Dengan demikian, laptop dapat menerima sinyal WiFi dari router secara optimal.

Kemudian, pengguna juga bisa memilih channel WiFi yang tidak ramai, sehingga koneksi internet dari WiFi di laptop tidak banyak gangguan. Adapun penjelasan beberapa cara memperkuat sinyal WiFi di laptop adalah sebagai berikut.

1. Posisikan router dengan benar

Posisi router di sebuah ruangan sangat penting diperhatikan. Misalnya, jika router ditempatkan di sudut rumah yang jauh dari jangkauan, kemungkinan besar, sinyal WiFi bakal tidak bisa ditangkap dengan baik di perangkat.

Oleh karena itu, supaya sinyal WiFi menjadi kuat, pengguna perlu memosisikan router dengan benar. Lokasi router yang ideal adalah sedekat mungkin dengan tempat di mana pengguna banyak beraktivitas dan berada di area terbuka.

Kemudian, router sebaiknya diletakkan pada area yang jauh dari perangkat elektronik lain dan minim penghalang. Pasalnya, semakin banyak penghalang seperti dinding atau pintu, semakin tinggi pula potensi sinyal WiFi terganggu.

Semakin banyak dinding, pintu, dan penghalang lain di dekat router Anda, semakin tinggi kemungkinan sesuatu mengganggu sinyal Anda. Sebaiknya, letakkan router di area yang tinggi, sehingga dapat memaksimalkan jangkauan sinyalnya.

2. Ubah posisi antena router

Router dilengkapi dengan salah satu dari dua jenis antena, yakni antena internal atau eksternal. Jika router memiliki dua antena eksternal, coba posisikan antena tersebut satu mengarah secara vertikal dan yang lainnya diposisikan secara horizontal.

Dikutip dari Cnet, transmisi antara router dan perangkat lain akan maksimal ketika penerima dan pemancar beroperasi pada bidang yang sama.

3. Gunakan adaptor powerline

Jika pengguna tinggal di ruangan bertingkat dan luas, sehingga tidak dapat menempatkan router secara terpusat, solusinya supaya sinyal WiFi tetap terjangkau adalah dengan menggunakan adaptor powerline.

Untuk diketahui, adaptor powerline merupakan perangkat jaringan yang dapat menyalurkan koneksi internet melalui kabel. Pengguna bisa menghubungkan laptop dengan kabel ethernet ke adaptor powerline untuk mendapatkan koneksi internet yang disalurkan router.

4. Ganti password dengan komposisi yang kuat

Keempat, cara memperkuat sinyal WiFi di laptop adalah mengganti password WiFi dengan komposisi yang kuat. Pastikan jaringan WiFi telah dilindungi dengan kata sandi yang kuat untuk menghindari akses yang tidak sah, yang dapat memperlambat koneksi.

5. Jauhkan router dengan perangkat elektronik lain

Gelombang mikro yang dihasilkan perangkat elektronik seperti microwave dan speaker bluetooth dapat berpotensi menimbulkan gangguan pada sinyal WiFi. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan router dengan perangkat elektronik agar sinyal tak terganggu.

6. Gunakan WiFi dengan frekuensi 5 GHz

Perangkat router saat ini memungkinkan pengguna memilih frekuensi operasi antara antara 2.4GHz dan 5GHz. Jika pengguna memiliki banyak barang elektronik di rumah, sinyal dari router dengan frekuensi 2,4 GHz bisa lebih mudah terganggu.

Untuk mengurangi gangguan tersebut, pengguna bisa mengatur frekuensi operasi router di 5 GHz. Pengaturan tersebut biasanya dapat dijumpai di masing-masing halaman administrator pengaturan router.

7. Pilih channel WiFi yang tidak ramai

Jika tinggal di lingkungan yang ramai seperti apartemen, perumahan, kos, dan menggunakan beberapa router untuk mengakses internet bersama, pengguna bisa memilih channel yang minim dipakai supaya tidak banyak mengalami gangguan sinyal.

Pengguna bisa menggunakan aplikasi penganalis jaringan WiFi, seperti WifiInfoView di Windows atau fitur bawaan Wireless Diagnostic di Mac. Aplikasi itu dapat menganalisis jaringan WiFi terbaik dan melihat channel mana yang ramai digunakan.

8. Matikan koneksi WiFi pada perangkat yang tidak digunakan

Cara memperkuat sinyal WiFi di laptop yang berikutnya adalah dengan mematikan perangkat yang sedang tidak digunakan.

Cara ini berguna berguna agar bandwidth pada jaringan WiFi tidak penuh. Pasalnya, semakin banyak perangkat yang terhubung ke router maka kecepatan internet di satu perangkat bakal menurun karena bandwidth terbagi rata.

9. Gunakan WiFi repeater

Kesembilan, untuk memperkuat sinyal WiFi di laptop, pengguna bisa memakai perangkat tambahan WiFi repeater. Untuk diketahui, perangkat WiFi repeater dapat membantu memperluas jangkauan sinyal WiFi, terutama di area yang sulit dijangkau oleh router.

10. Restart router

Kesepuluh, pengguna bisa mencoba untuk restart router. Caranya, matikan router dengan menekan tombol power, yang biasanya berada di bagian punggung perangkat. Setelah itu, tunggu beberapa saat, kurang lebih 30 detik, lalu nyalakan kembali.

Setelah lampu indikator perangkat nyala, tunggu beberapa saat, biasanya perlu waktu sekitar 1 menit hingga lampu DSL (digital subscriber line) berkedip dengan stabil, sebagai penanda koneksi internet telah masuk dan bisa dicoba untuk digunakan.

11. Upgrade router

Kesebelas, pengguna bisa mencoba mengganti router dengan yang baru atau upgrade. Perangkat router yang sudah lama mungkin tidak mumpuni untuk menyalurkan koneksi internet dengan kecepatan tertentu. Oleh karena itu, pengguna perlu upgrade router.

12. Restart laptop

Cara memperkuat sinyal WiFi di laptop yang kedua belas adalah dengan restart laptop. Tindakan ini bisa menyegarkan kembali sistem laptop yang mengalami gangguan, sehingga mungkin bisa menyebabkan masalah sinyal WiFi lemah di laptop.

Untuk restart laptop, caranya matikan laptop dengan memilih opsi “Restart”. Setelah itu, laptop bakal dimatikan. Kemudian, laptop bakal dihidupkan kembali secara otomatis.

13. Matikan dan hubungkan kembali WiFi pada laptop

Untuk mengatasi sinyal WiFi lemah, pengguna juga bisa mencoba untuk mematikan dan menghubungkan kembali WiFi pada laptop. Pengguna bisa mematikan sejenak sambungan WiFi yang ada di laptop

Kemudian, tunggu beberapa saat, lalu aktifkan kembali koneksi WiFi pada laptop. Setelah itu, coba lagi untuk menghubungkan laptop dengan perangkat router.

14. Reset driver WiFi di laptop

Cara memperkuat sinyal WiFi di laptop yang berikutnya adalah dengan reset driver atau perangkat lunak yang menghubungkan perangkat keras adaptor WiFi dengan laptop.

Masalah sinyal WiFi lemah di laptop bisa ditimbulkan karena terdapat gangguan pada driver WiFi. Oleh karena itu, seandainya mengalami masalah tersebut, pengguna bisa mencoba untuk reset driver WiFi di laptop.

Cara ini berguna untuk menyegarkan kembali sistem driver WiFi yang mungkin mengalami gangguan, sehingga membuat laptop tidak dapat menangkap sinyal WiFi dengan optimal.

Jika menggunakan laptop Windows, untuk reset driver WiFi, caranya adalah klik ikon Windows dan cari kata kunci “Settings”, lalu pilih menu “Settings App”. Kemudian, pilih menu “Network and Internet”.

Selanjutnya, pilih menu “Status” dan klik opsi “Change adapters options”. Cari adaptor WiFi yang tengah digunakan dan hendak direset. Lalu, klik kanan pada nama adaptor WiFi itu dan pilih opsi “Disable”.

Setelah itu, sistem bakal menonaktifkan adaptor WiFi tersebut. Tunggu sekitar 60 detik, lalu klik kanan lagi pada nama adaptor itu dan klik opsi “Enable”. Setelah direset, coba sambungkan kembali laptop dengan jaringan WiFi dari router.

15. Update driver WiFi di laptop

Cara memperkuat sinyal WiFi di laptop yang selanjutnya adalah dengan memperbarui atau update driver WiFi. Pembaruan pada driver WiFi biasanya membawa perbaikan di sejumlah gangguan, termasuk mungkin laptop tidak bisa terhubung dengan WiFi.

Bila menggunakan desktop Windows, untuk update driver WiFi, caranya klik ikon Windows, kemudian masukkan kata kunci “Device Manager” di kolom pencarian. Setelah itu, klik opsi “Network Adapter”, kemudian klik kanan dan pilih opsi “Update Driver”.

Itulah beberapa cara memperkuat sinyal WiFi di laptop dengan mudah dan praktis. Melalui beberapa cara di atas, pengguna dapat melakukan penanganan terhadap masalah sinyal WiFi lemot atau lemah secara mandiri di laptop.

Alhasil, pengguna dapat kembali internetan dengan lancar di laptop menggunakan jaringan WiFi. Sebagai informasi tambahan, selain dengan cara di atas, pengguna juga bisa memastikan komponen penangkap WiFi di laptop masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Pasalnya, ketika komponen itu mengalami gangguan, laptop jadi tidak bisa menangkap WiFi dengan optimal. Jika komponen WiFi di laptop mengalami gangguan, segera bawa ke teknisi terpercaya untuk mendapatkan servis atau penggantian komponen lebih lanjut.

Kemudian, saat sinyal WiFI lemah di laptop terjadi, pengguna pada dasarnya juga bisa mencoba menghubungi masing-masing penyedia layanan internet (Internet Service Provider/ISP) untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2024/01/15/14150077/15-cara-memperkuat-sinyal-wifi-di-laptop-dengan-mudah-biar-internetan-lancar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke