Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Cara Mengatasi WiFi Lemot dengan Mudah biar Internetan Lancar

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui cara mengatasi WiFi lemot supaya bisa internetan dengan lancar di berbagai perangkat, baik komputer, laptop, maupun HP (handphone). Koneksi internet WiFi mendadak jadi lemot bisa terjadi kapan saja.

Ketika masalah itu terjadi, pengguna mungkin bakal kerepotan karena jadi tidak bisa mengakses internet dengan lancar di perangkat. Lantaran bisa terjadi kapan saja dan bakal cukup merepotkan jika terjadi, pengguna penting mengetahui cara mengatasi WiFi lemot.

Lantas, bagaimana cara agar WiFi tidak lemot? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara mengatasi WiFi lemot dengan mudah supaya internetan lancar.

Penyebab WiFi lemot

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya memahami dulu penyebab WiFi lemot di perangkat. Ada beberapa penyebab WiFi lemot bisa terjadi. Salah satu penyebab yang umum adalah posisi router yang menyebarkan WiFi terlalu jauh dengan perangkat.

Dengan demikian, perangkat jadi tidak dapat menangkap sinyal WiFi dari router secara optimal, sehingga koneksi internetnya lemot. Kemudian, penyebab WiFi lemot adalah terdapat gangguan pada sistem perangkat.

Selain itu, penyebab WIFi lemot juga bisa datang dari adanya gangguan pada perangkat router yang digunakan. Itulah beberapa penyebab WiFi lemot. Gangguan yang menyebabkan WiFi lemot itu sejatinya bisa diatasi secara mandiri.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi WiFi lemot dengan mudah.

Cara mengatasi WiFi lemot

Ada beberapa cara mengatasi WiFi lemot yang bisa dilakukan pengguna. Misalnya, pengguna bisa memindahkan router yang memancarkan koneksi WiFi ke tempat yang terjangkau semua perangkat.

Kemudian, pengguna juga bisa memilih channel WiFi yang kiranya tidak terlalu penuh, sehingga koneksi internet minim gangguan. Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai beberapa cara mengatasi WiFi adalah sebagai berikut.

1. Posisikan router dengan baik

Posisi router di sebuah ruangan sangat penting diperhatikan. Misalnya, jika router ditempatkan di sudut rumah yang jauh dari jangkauan, kemungkinan besar, sinyal WiFi bakal tidak bisa ditangkap dengan baik di perangkat.

Oleh karena itu, supaya koneksi WiFi cepat, pengguna perlu memosisikan router dengan baik. Lokasi router yang ideal adalah sedekat mungkin dengan tempat di mana pengguna banyak beraktivitas dan berada di area terbuka.

Kemudian, router sebaiknya diletakkan pada area yang jauh dari perangkat elektronik lain dan minim penghalang. Pasalnya, semakin banyak penghalang seperti dinding atau pintu, semakin tinggi pula potensi sinyal WiFi terganggu.

Semakin banyak dinding, pintu, dan penghalang lain di dekat router Anda, semakin tinggi kemungkinan sesuatu mengganggu sinyal Anda. Sebaiknya, letakkan router di area yang tinggi, sehingga dapat memaksimalkan jangkauan sinyalnya.

2. Ubah posisi antena router

Router dilengkapi dengan salah satu dari dua jenis antena, yakni antena internal atau eksternal. Jika router memiliki dua antena eksternal, coba posisikan antena tersebut satu mengarah secara vertikal dan yang lainnya diposisikan secara horizontal.

Dikutip dari Cnet, transmisi antara router dan perangkat lain akan maksimal ketika penerima dan pemancar beroperasi pada bidang yang sama.

3. Gunakan adaptor powerline

Jika pengguna tinggal di ruangan bertingkat dan luas, sehingga tidak dapat menempatkan router secara terpusat, solusinya supaya koneksi internet tetap terjangkau adalah dengan menggunakan adaptor powerline.

Untuk diketahui, adaptor powerline merupakan perangkat jaringan yang dapat menyalurkan koneksi internet melalui kabel. Pengguna bisa menghubungkan perangkat dengan kabel ethernet ke adaptor powerline untuk mendapatkan koneksi internet yang disalurkan router.

4. Ganti password dengan komposisi yang kuat

Keempat, cara mengatasi WiFi lemot adalah mengganti password dengan komposisi yang kuat. Pastikan jaringan WiFi telah dilindungi dengan kata sandi yang kuat untuk menghindari akses yang tidak sah, yang dapat memperlambat koneksi.

5. Jauhkan router dengan perangkat elektronik lain

Gelombang mikro yang dihasilkan perangkat elektronik seperti microwave dan speaker bluetooth dapat berpotensi menimbulkan gangguan pada sinyal WiFi. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan router dengan perangkat elektronik.

6. Gunakan WiFi dengan frekuensi 5 GHz

Perangkat router saat ini memungkinkan pengguna memilih frekuensi operasi antara antara 2.4GHz dan 5GHz. Jika pengguna memiliki banyak barang elektronik di rumah, sinyal dari router dengan frekuensi 2,4 GHz bisa lebih mudah terganggu.

Untuk mengurangi gangguan tersebut, pengguna bisa mengatur frekuensi operasi router di 5 GHz. Pengaturan tersebut biasanya dapat dijumpai di masing-masing halaman administrator pengaturan router.

7. Pilih channel WiFi yang tidak ramai

Jika tinggal di lingkungan yang ramai seperti apartemen, perumahan, kos, dan menggunakan beberapa router untuk mengakses internet bersama, pengguna bisa memilih channel yang minim dipakai supaya tidak banyak mengalami gangguan sinyal.

Pengguna bisa menggunakan aplikasi penganalis jaringan WiFi, seperti Analyzer di Android atau WifiInfoView di Windows. Aplikasi itu dapat menganalisis sinyal WiFi terdekat dan melihat channel mana yang ramai digunakan.

8. Matikan koneksi WiFi pada perangkat yang tidak digunakan

Cara mengatasi WiFi lemot yang berikutnya adalah dengan mematikan perangkat yang sedang tidak digunakan. Ini berguna agar bandwith tidak penuh. Semakin banyak perangkat yang terhubung ke router maka kecepatan internet di satu perangkat bakal menurun.

9. Gunakan WiFi repeater

Cara mengatasi WiFi lemot yang berikutnya adalah pengguna bisa memakai perangkat tambahan WiFi repeater. Untuk diketahui, perangkat WiFi repeater dapat membantu memperluas jangkauan sinyal WiFi, terutama di area yang sulit dijangkau oleh router.

10. Restart router

Berikutnya, pengguna bisa mencoba untuk restart router. Caranya, matikan router dengan menekan tombol power, yang biasanya berada di bagian punggung perangkat. Setelah itu, tunggu beberapa saat, kurang lebih 30 detik, lalu nyalakan kembali.

Setelah lampu indikator perangkat nyala, tunggu beberapa saat, biasanya perlu waktu sekitar 1 menit hingga lampu DSL (digital subscriber line) berkedip dengan stabil, sebagai penanda koneksi internet telah masuk dan bisa dicoba untuk digunakan.

Tindakan ini dapat menyegarkan kembali sistem pada perangkat router yang mungkin mengalami gangguan dan mengakibatkan koneksi internetnya jelek.

10. Upgrade router

Kesepuluh, pengguna bisa mencoba mengganti router dengan yang baru atau upgrade. Perangkat router yang sudah lama mungkin tidak mumpuni untuk menyalurkan koneksi internet dengan kecepatan tertentu. Oleh karena itu, pengguna perlu upgrade router.

Itulah beberapa cara mengatasi WiFi lemot dengan mudah dan praktis. Melalui beberapa cara di atas, pengguna dapat melakukan penanganan terhadap masalah WiFi lemot secara mandiri, sehingga bisa internetan dengan lancar.

Sebagai informasi tambahan, WiFi lemot juga bisa disebabkan karena terdapat gangguan dan pemeliharaan jaringan dari penyedia layanan internet (Internet Service Provider/ISP).

Oleh karena itu, pengguna bisa menghubungi masing-masing penyedia layanan internet untuk menanyakan lebih lanjut masalah yang terjadi pada jaringan WiFi dan solusi yang dapat dilakukan.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2024/01/29/14150067/11-cara-mengatasi-wifi-lemot-dengan-mudah-biar-internetan-lancar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke