Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telkomsel Perkuat Jaringan di 680 Titik pada Hari Pencoblosan

KOMPAS.com - Menyambut pesta demokrasi lima tahunan, Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Telkomsel telah melakukan pengujian dan optimalisasi infrastruktur jaringan, guna memastikan kelancaran komunikasi.

Optimalisasi jaringan dilakukan meliputi lebih dari 97 persen wilayah populasi Indonesia. Langkah ini diambil untuk memastikan kualitas jaringan yang prima selama periode Pemilu 2024.

Untuk memonitor kesiapan jaringan secara real time, Telkomsel telah menyiapkan 13 Posko yang tersebar di seluruh wilayah kerja perusahaan, yang juga menjadi bagian dari satuan gugus tugas Posko Telkom Group.

Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna mengatakan bahwa optimalisasi jaringan ini sejalan dengan arahan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI untuk dapat terus menjaga QoS (quality of service) selama perhelatan Pemilu 2024.

"Telkomsel memastikan bahwa pelanggan dapat terus mengakses layanan komunikasi dan digital dengan lancar selama proses pemilihan,” ujar Indra dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Rabu (14/2/2024).

Dalam rangka mengantisipasi lonjakan trafik, Telkomsel telah melakukan pengecekan dan rehearsal test pada 680 titik keramaian.

Titik tersebut termasuk titik operasional KPU, Bawaslu, hingga lokasi penting lainnya yang berpotensi menjadi fokus perhatian selama Pemilu 2024.

Upaya itu termasuk memanfaatkan kapabilitas autonomous network dalam melakukan optimasi kinerja dan performa jaringan. Upaya ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh infrastruktur jaringan telah siap menghadapi tantangan trafik yang mungkin terjadi.

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/14/08560057/telkomsel-perkuat-jaringan-di-680-titik-pada-hari-pencoblosan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke