Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengunjungi "Booth" Xiaomi di MWC Barcelona 2024, Ada Mobil SU7 Max dan Cyberdog Salto

Sesuai namanya, ekossitem tersebut dimaksudkan untuk mencerminkan komitmen Xiaomi menghubungkan pengguna (human), mobil (car), dan rumah (home) lewat perangkat-perangkat buatannya, mulai dari gadget mobile hingga IoT dan mobil listrik.

Director of Communications Xiaomi International Daniel Desjarlais mengatakan Xiaomi berprinsip bahwa teknologi akan selalu berpusat pada manusia dan inovasi Xiaomi dirancang berdasarkan kebutuhan pengguna.

"Kami ingin menciptakan interkonektivitas end-to-end dari apa yang sudah tersedia saat ini," ujar Desjarlais dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

Mobil listrik pertama Xiaomi

Ekosistem "Human x Car x Home" pun tercermin dalam produk-produk yang dipamerkan di booth Xiaomi di venue MWC 2024, hall 3 Fira Barcelona.

Salah satu produk yang paling menarik perhatian adalah mobil listrik (electric vehicle, EV) pertama Xiaomi, SU7 Max berkelir Ice Blue, yang ditampilkan di panggung berputar di tengah booth.

Konsol SU7 Max yang berdesain ala sedan sport ini menjalankan sistem operasi HyperOS yang dirancang untuk kemudahan konektivitas dengan perangkat-perangkat lain dari Xiaomi, seperti smartphone dan perangkat smart home.

Xiaomi berencana merilis SU7 yang terdiri dari varian SU8, SU7 Pro, dan SU7 Max pada 2024, namun tanggal pastinya masih belum diungkap.

Robot anjing CyberDog 2

Produk lain yang ikut mencuri perhatian adalah anjing robot CyberDog 2 yang pertama kali diperkenalkan pada 2023 lalu dan ikut diboyong ke Barcelona.

Berbentuk mirip anjing sungguhan, CyberDog 2 yang berbanderol 3.000 dollar AS (sekitar Rp 47 juta) ini ternyata bisa bergerak lincah, bahkan hingga melakukan salto ke arah belakang (backflip) hingga 3 kali.

Xiaomi mengatakan CyberDog 2 yang dirancang untujk meniru gerakan-gerakan anjing sungguhan bisa membuat keputusan sendiri dan memiliki 19 sensor untuk mendeteksi visual, sentuhan, dan pendengaran.

Seperti pendahulunya, CyberDog 2 bersifat open source sehingga para developer bisa membikin aneka program untuk sang robot anjing.

Duo ponsel flagship Xiaomi 14 Series

Xiaomi 14 merupakan ponsel flagship versi ringkas dengan ukuran layar 6,36 inci dan rangkaian tiga kamera belakang yang dirancang bersama dengan Leica.

"Kakaknya", Xiaomi 14 Ultra, merupakan ponsel teratas dari Xiaomi yang dibekali aneka inovasi terkini, mulai dari opsi rangka titanium, kaca pelindung Xiaomi Shield, dan 4 kamera belakang berjangkauan focal length 12 mm hingga 120 mm.

Seperti Xiaomi 13 Ultra sebelumnya, Xiaomi 14 Ultra turut menawarkan aksesori Photogaphy Kit yang menyulap ponsel ini menjadi seperti kamera digital, lengkap dengan zoom lever, tombol record dan shutter, control dial, hingga thread untuk memasang filter 67 mm.

Trio wearable device

Salah satunya adalah Xiaomi Watch 2 yang sekaligus diperkenalkan untuk pertama kali. Arloji pintar ini menjalankan sistem operasi Google Wear OS dan ditenagai chip Snapdragon W5+ Gen 1.

Watch 2 yang berbobot sekitar 37 gram ini memiliki layar AMOLED bundar berukuran 1,43 inci, media internal 32 GB, frame berbahan alumunium, serta diklaim memiliki ketahanan baterai hingga 64 jam.

Kemudian, ada Xiaomi Watch S3 yang menjalankan sistem operasi WearOS dan memiliki opsi kustomisasi berupa bezel yang bisa ditukar-tukar. Layarnya menggunakan lapnel AMOLED 1,43 inci. Ketahanan baterainya disebut bisa mencapai 15 hari.

Melengkapi jajaran wearable device Xiaomi, Smart Band 8 Pro menghadirkan layar berbentuk persegi dengan panel AMOLED 1,74 inci. Gelang pintar ini memilliki quick release band dengan aneka pilihan material, mulai dari PU leather, nilon, hingga milanese.

Tablet 12,4 inci Pad 6s Pro

Ditenagai System-on-Chip Snapdragon 8 Gen 2, Xiaomi Pad 6S Pro menjalankan sistem operasi HyperOS dan turut mendukung aksesori stylus Xiaomi Focus Pen serta cover keyboard baru yang dilengkapi touchpad untuk memudahkan navigasi.

Xiaomi Pad 6S Pro memiliki baterai 10.000 mAh yang mendukung pengisian cepat alias fast charging 120 watt, berikut kamera belakang 50 MP (f/1.8) dan kamera depan 32 MP (f/2.2).

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/28/19090047/mengunjungi-booth-xiaomi-di-mwc-barcelona-2024-ada-mobil-su7-max-dan-cyberdog

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke