Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unik, Kamera Telephoto Xiaomi 14 Bisa Sekaligus Jepret Foto "Macro"

Salah satu keunikan Xiaomi 14 terletak pada kamera telephoto 50 MP yang memiliki focal length 75 mm (ekuivalen full-frame) dengan jangkauan zoom optis 3,2x dibandingkan kamera utama.

Lensa kamera telephoto ini menggunakan desain floating lens group, di mana susunan lensa bisa bergerak sesuai dengan jarak fokus obyek terhadap kamera.

Walhasil, kamera telephoto Xiaomi 14 pun memiliki jarak fokus minimal (MFD, minimum focusing distance) sangat dekat, yakni hanya 10 cm.

Efeknya, selain mampu "mendekatkan" obyek-obyek di kejauhan dengan bidang pandangnya yang sempit, kamera telephoto Xiaomi 14 pun sekaligus merangkap sebagai kamera "macro" karena bisa mengunci fokus dalam jarak dekat.

KompasTekno merasakan kegunaannya saat menjajal Xiaomi 14 di Barcelona, Spanyol. Ketika hendak memotret detil dari obyek-obyek berukuran kecil, pengguna bisa mengaktifkan mode "Super Macro" di aplikasi kamera yang mengubah jarak fokus kamera tele menjadi pendek.

Magnifikasi yang dihasilkan mungkin memang tidak sebesar lensa macro sungguhan di kamera mirrorless dan DSLR, tapi sudah cukup memberikan pembesaran yang signifikan dibanding kamera utama (50 MP 23 mm, f/1.6, OIS) yang jarak fokus minimalnya lebih jauh.

Aneka obyek kecil seperti bunga atau mainan pun bisa ditampilkan dengan jauh lebih besar dan detil ketika dijepret dengan kamera telephoto milik Xiaomi 14, seperti bisa dilihat dalam beberapa contoh di bawah.

Fitur close focus itu menjadi penting di Xiaomi 14 karena dua kamera lainnya, yakni kamera utama dan ultra wide (50 MP, f/2.2, FoV 115 derajat) lebih terbatas dalam hal fokus jarak dekat, terutama kamera ultra wide yang memiliki fokus fixed.

Di luar hardware kamera, Xiaomi 14 turut menerapkan "resep warna" ala Leica yang diwujudkan lewat dua color mode (Leica Authentic dan Vibrant) serta beberapa filter warna yang sama-sama bertema Leica.

Berdasarkan pengalaman KompasTekno menjajalnya, warna dan tone dari semua kamera belakang Xiaomi 14 terbilang konsisten apabila diambil dengan setting yang sama, sehingga hasil jepretannya mirip, baik kamera utama, kamera ultra wide, maupun telephoto.

Xiaomi 14 dipasarkan dengan harga mulai 999 euro (Rp 17 juta) di pasaran internasional. Masih belum ada informasi soal apakah ponsel ini juga akan turut dijual di Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/29/17300037/unik-kamera-telephoto-xiaomi-14-bisa-sekaligus-jepret-foto-macro-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke