Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hands-on Tablet Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition

Tablet ini bisa dibeli dengan harga Rp 6.899.000 untuk satu-satunya varian RAM dan media penyimpanan (storage) yang tersedia, yakni 8 GB/256 GB.

Dengan harga seperti ini, tablet mengunggulkan layar PaperMatte yang disebut menawarkan berbagai kelebihan dibanding layar biasa.

Salah satunya adalah kenyamanan dan keamanan yang ditawarkan layar tablet ini dalam penggunaan jangka waktu lama, khususnya bagi mata dan otak pengguna. Sebab, layar ini punya teknologi anti-glare, yang diklaim mereduksi pantulan cahaya hingga 97 persen.

KompasTekno berkesempatan menjajal tablet Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition, dalam sebuah acara peluncuran di kantor Huawei, Jakarta Selatan, Rabu (13/3/2024). Tablet ini tersedia dalam satu opsi warna, yaitu abu-abu alias Space Grey.

Dari segi desain, Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition hadir dengan ukuran yang ringkas, tepatnya dengan dimensi 260,88 mm x 176,82 mm x 6,85 mm dengan bobot 499 gram.

Tablet ini tidak berat untuk dibawa-bawa baik dengan satu tangan maupun dengan dua tangan. Perangkat pun tidak terasa licin, tetapi sebaiknya pengguna tetap membawanya dengan dua tangan agar tablet tidak terjatuh.

Adapun Huawei MatePad 11.5 edisi PaperMatte tampak dirancang untuk penggunaan horizontal alias landscape. Sebab, posisi kamera selfie berada di tengah ketika tablet digunakan secara horizontal.

Saat diletakkan secara vertikal, kamera depan akan berada di posisi pinggir kanan tablet.

Untuk bodinya sendiri, Huawei MatePad terbaru ini menggunakan bahan logam sehingga kokoh. Bagian punggung ini tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari ketika kami pegang.

Di bagian kanan atas tablet, terdapat kamera utama dengan resolusi 13 MP (f/1.8, Autofocus). Kamera ini mendukung berbagai fitur fotografi seperti Beauty, Panorama, Time-Lapse, AI Lens, dan lain sebagainya.

Beralih ke bagian depan tablet, Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition membawa layar TFT LCD 11,5 inci dengan resolusi 2.200 piksel x 1.440 piksel, refresh rate adaptif 60 Hz/120 Hz, rasio aspek 3:2, rasio layar ke bodi 86 persen, kerapatan piksel 229 ppi, dan saturasi 16,7 juta warna.

Dengan begitu, mata dan otak pengguna menjadi lebih nyaman serta tidak mudah lelah ketika melihat layar. Sebab, pengguna biasanya secara tidak sadar akan terus menyaring pantulan cahaya di layar, supaya mereka bisa melihat layarnya. Hal ini membuat mata dan otak lelah.

Tablet ini disebut sebagai yang pertama mengantongi sertifikat SGS Low Visual Fatigue Premium Performance. Dengan sertifikasi ini, indeks kelelahan otak disebut berkurang 20 persen saat menggunakan tablet, dan kelelahan mata berkurang 41 persen.

Tak hanya SGS, Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition diklaim sebagai tablet pertama yang mendapatkan sertifikat TUV Rheinland Reflection Free. Seperti namanya, Reflection Free merujuk pada kemampuan layar untuk meminimalisasi pantulan cahaya.

Sertifikasi berikutnya adalah TUV Rheinland Low Blue Light & Flicker-free. Tablet dibekali teknologi yang mengurangi paparan cahaya biru (blue light) dan flicker yang berbahaya.

Impresi kami, tablet ini benar-benar nyaman untuk digunakan saat menonton video, membaca komik, dan membaca novel. Hal ini disebabkan oleh minimnya pantulan cahaya ketika tablet diletakkan di bawah lampu.

Kami juga bisa menggunakan mode eBook yang membuat bacaan menjadi berwarna hitam dan putih (Black and White), sehingga lebih nyaman di mata. Mode ini lebih cocok ketika membaca novel atau komik berwarna hitam putih.

Ketika disentuh, layar tablet ini tidak gampang meninggalkan bekas sidik jari. Saat ada bekas sidik jari pun tetap mudah dibersihkan menggunakan kain.

Bagian menarik lainnya, layar ini terasa sangat halus ketika dipegang, berbeda dari layar tablet yang menggunakan lapisan matte atau anti-glare biasa. Hal ini tentu membuat kami lebih nyaman ketika beraktivitas dan berpindah dari satu tab ke tab lainnya.

Di tengah atas layar, terdapat sebuah kamera selfie dengan resolusi 8 MP (f/2.2) dan wide angle 105 derajat. Kamera ini sudah dibekali fitur FollowCam yang secara otomatis menempatkan fokus pada wajah pengguna.

Melihat bagian atas tablet dalam konfigurasi horizontal, pengguna bisa menemukan tombol volume dan lubang mikrofon.

Spesifikasi Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition

Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition diotaki oleh chipset Qualcomm Snapdragon 7 Gen 1 dengan fabrikasi 4 nm. System-on-Chip (SoC) ini disebut membawa performa yang lebih baik, multi tasking lebih mulus, dan penggunaan lebih hemat daya.

Prosesor ini dipadankan dengan RAM 8 GB dan storage 256 GB. Untuk daya, tablet ini ditopang oleh baterai 7.700 mAh, yang disebut bisa bertahan 900 jam dalam mode siaga (standby), 10,5 jam untuk pemutaran video tanpa henti, dan 6,3 jam untuk meeting online.

Dalam kondisi sudah habis, daya baterai bisa diisi penuh dalam kurun waktu 140 menit alias 2 jam 20 menit.

Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition menjalankan sistem operasi (OS) HarmonyOS 3.1, bukan Android bikinan Google. Maka dari itu, tablet ini tidak dibekali layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS), seperti Gmail, Google Maps, YouTube, dan toko aplikasi Play Store.

Pengguna pun tidak bisa mengunduh aplikasi dari Google Play Store, melihat peta di aplikasi Google Maps, dan lain-lain.

Sebagai gantinya, tablet Huawei ini menggunakan ekosistem buatan sendiri bernama Huawei Mobile Services (HMS), dengan toko aplikasi Huawei AppGallery.

Spesifikasi Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition lainnya mencakup Wi-Fi 6, Huawei Notes, Huawei Books, USB Type-C, Bluetooth 5.2, dan masih banyak lagi.

Tablet ini dilengkapi berbagai aksesori seperti stylus Huawei M-Pencil generasi kedua, keyboard dengan jarak antar key 1,5 mm, dan software PC-level WPS Office 2.0 yang ditingkatkan, misalnya dengan kehadiran fitur mencetak (printing) hasil dokumen dan peningkatan performa sebesar 70 persen.

Soal stylus, pena tersebut menghadirkan pengalaman mencatat layaknya di atas kertas. Hal ini dimungkinkan oleh pressure sensing hingga 4.096 level, yang mendeteksi perubahan kekuatan penekanan pena.

Makin keras pengguna menekan pena, makin tebal pula garis yang dihasilkan. Sebaliknya, makin ringan pengguna menekan pena, makin tipis pula garis yang digambar.

Harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition

Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition tersedia di Indonesia dalam opsi warna abu-abu (Space Grey). Tablet ini sudah bisa dibeli di Tanah Air secara online dan offline di toko resmi Huawei dan marketplace rekanan Huawei.

Berikut ini harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition:

  • Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition (8 GB/256 GB) - Rp 6.899.000

Pengguna yang membeli Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition selama periode 21 Maret 2024 hingga 15 April 2024 berhak mendapatkan benefit gratis senilai Rp 3,3 juta.

Benefit ini sudah termasuk aksesori Huawei Smart Keyboard, Huawei M-Pencil 2nd gen, dan Huawei Bluetooth Mouse. Perlu dicatat, benefit ini sifatnya terbatas, sehingga siapa yang membelinya terlebih dahulu akan mendapatkan benefit itu.

Selain sejumlah aksesori itu, pembeli tablet MatePad 11.5 PaperMatte Edition juga berhak mendapatkan bunga cicilan nol persen hingga 12 bulan dan garansi VIP Services hingga satu tahun.

https://tekno.kompas.com/read/2024/03/14/13310077/hands-on-tablet-huawei-matepad-11.5-papermatte-edition

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke