Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apple Pakai ChatGPT di Siri, Elon Musk: Tak Bisa Diterima

Salah satu hal yang diumumkan adalah integrasi chatbot milik OpenAI, ChatGPT ke asisten virtual Siri. Integrasi ini merupakan bagian dari sederet fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence) Apple bernama Apple Intelligence.

Integrasi ChatGPT ke Siri ini disambut negatif oleh CEO Tesla, SpaceX, dan X (dahulu Twitter), Elon Musk. Musk mengatakan bahwa integrasi OpenAI merupakan pelanggaran keamanan, dan ia tidak segan-segan akan melarang penggunaan perangkat Apple di perusahaannya.

"Jika Apple mengintegrasikan layanan OpenAI di tingkat sistem operasi (OS), perangkat Apple akan dilarang di perusahaan saya. Itu (integrasi OpenAI) adalah pelanggaran keamanan yang tidak dapat diterima," tulis Musk dalam postingnya di media sosial X.

Musk kemudian mengkritik keputusan Apple untuk bekerja sama dengan OpenAI untuk Apple Intelligence. Ia kecewa terhadap Apple yang tidak membuat kecerdasan buatannya sendiri, dan ragu bahwa Apple bisa menjaga keamanan pengguna dari OpenAI.

"Apple tidak tahu apa yang akan terjadi begitu mereka memberikan data pengguna Anda ke OpenAI. Mereka (Apple) telah mengkhianati Anda," tulis Musk dalam posting X yang terpisah.

Yang perlu dicatat, Apple tampaknya telah merancang integrasi ChatGPT dengan menekankan pilihan pengguna. Sebab, pengguna tidak dipaksa untuk menggunakan ChatGPT, dan pengguna mesti secara eksplisit memberikan izinnya untuk menggunakan ChatGPT.

Contohnya, dalam demonstrasi integrasi ChatGPT dan Siri di live stream WWDC, terlihat bahwa Siri tidak langsung menjawab pertanyaan yang disampaikan pengguna. Pengguna diberikan pilihan "Use ChatGPT" (Pakai ChatGPT) atau "Cancel" (Batalkan).

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini juga mengindikasikan bahwa nantinya mereka akan melakukan integrasi dengan model bahasa besar (large language model/LLM) pihak ketiga lainnya, termasuk Google Gemini.

Hal ini dapat menghasilkan pengalaman AI yang lebih beragam dan dinamis, sebagaimana dikutip KompasTekno dari PhoneArena, Selasa (11/6/2024).

Tak hanya itu, ada kemungkinan Apple juga menawarkan perusahaan (enterprise) opsi untuk membatasi fitur ChatGPT dan Apple Intelligence.

ChatGPT di Siri

Siri bisa memanfaatkan ChatGPT untuk berbagai hal. Contohnya ketika pengguna memanfaatkan Siri untuk mencari rekomendasi menu makanan, Siri bakal menanyakan apakah pengguna ingin memakai ChatGPT untuk menjawab pertanyaan itu.

Jika diberi izin, ChatGPT pun akan menjawab pertanyaan tersebut lewat sebuah jendela pop-up di layar smartphone.

Pengguna juga bisa menyertakan foto ketika menuliskan pertanyaan ke ChatGPT, misalnya ketika pengguna mencari rekomendasi dekorasi yang bisa ditaruh di teras rumahnya.

ChatGPT dapat membantu ketika pengguna ingin menulis sebuah cerita atau menghasilkan sebuah gambar.

Selain itu, pengguna dapat memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan dokumen yang disertakan. Siri nantinya akan terus memastikan apakah deretan file ini boleh diakses oleh ChatGPT atau tidak.

Integrasi ChatGPT dengan Siri akan dirilis untuk sistem operasi iOS 18, iPad OS 18, dan macOS Sequoia pada tahun ini. ChatGPT ini dipastikan bisa digunakan gratis tanpa mengharuskan penggunanya membuat akun ChatGPT atau OpenAI.

https://tekno.kompas.com/read/2024/06/11/19000067/apple-pakai-chatgpt-di-siri-elon-musk--tak-bisa-diterima

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke