Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Resmi "Suntikkan" ChatGPT ke Siri

Kompas.com - 11/06/2024, 10:27 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Apple resmi mengintegrasikan chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) bikinan OpenAI, ChatGPT dengan asisten virtual miliknya, Siri.

ChatGPT yang terintegrasi dengan Siri ditenagai oleh model bahasa besar (large language model/LLM) GPT-4o, yang pertama kali dirilis pada Mei 2024 lalu.

Hal ini diumumkan dalam acara konferensi Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024, Senin (10/6/2024) waktu Amerika Serikat.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Apple untuk menghadirkan ChatGPT kepada penggunanya, lewat cara yang baru," kata CEO OpenAI Sam Altman lewat situs resmi OpenAI.

Baca juga: Selamat Tinggal Hey Siri, Ini Cara Baru Panggil Asisten Virtual Apple

"Apple punya komitmen yang sama dengan kami terhadap keselamatan dan inovasi, dan kemitraan ini sejalan dengan misi OpenAI untuk menjadikan AI canggih dapat diakses oleh semua orang," imbuh Altman.

Dengan ChatGPT, kini Siri bakal semakin pintar. Contohnya ketika pengguna memanfaatkan Siri untuk mencari rekomendasi menu makanan, Siri bakal menanyakan apakah pengguna ingin memakai ChatGPT untuk menjawab pertanyaan itu.

Jika diberi izin, ChatGPT pun akan menjawab pertanyaan tersebut lewat sebuah jendela pop-up di layar smartphone.

Siri kini bisa menggunakan ChatGPT untuk menjawab pertanyaan pengguna.YouTube Siri kini bisa menggunakan ChatGPT untuk menjawab pertanyaan pengguna.
Pengguna juga bisa menyertakan foto ketika menuliskan pertanyaan ke ChatGPT, misalnya ketika pengguna mencari rekomendasi dekorasi yang bisa ditaruh di teras rumahnya.

ChatGPT pun dapat membantu ketika pengguna ingin menulis sebuah cerita atau menghasilkan sebuah gambar menggunakan AI.

Selain itu, pengguna dapat memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan dokumen yang disertakan. Siri nantinya akan terus memastikan apakah deretan file ini boleh diakses oleh ChatGPT atau tidak.

Baca juga: Mantra Pemanggil Siri Dibuat Lebih Singkat, Hanya Pakai Satu Kata

Apple juga mengintegrasikan ChatGPT dalam alat penulisan baru Writing Tools yang bisa digunakan di seluruh sistem perangkat. Dengan Writing Tools, pengguna dapat menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks di berbagai aplikasi, seperti Mail, Notes, serta Pages.

Integrasi ChatGPT dengan Siri perdana akan dirilis untuk sistem operasi iOS 18, iPad OS 18, dan macOS Sequoia pada tahun ini. ChatGPT ini dipastikan bisa digunakan gratis tanpa mengharuskan penggunanya membuat akun ChatGPT atau OpenAI.

Pengguna yang berlangganan layanan premium ChatGPT bisa mengakses fitur berbayar di Siri dan aplikasi Apple lainnya yang terintegrasi dengan chatbot itu.

Sebagai informasi, layanan berbayar ChatGPT dibagi menjadi ChatGPT Plus, ChatGPT Team, dan ChatGPT Enterprise.

Layanan berbayar paling murah, ChatGPT Plus, sudah menghadirkan akses terhadap model bahasa besar GPT-4o. Harga layanan ini dibanderol 20 dollar AS per bulan (Rp 325.945).

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com