Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inikah Tanggal Peluncuran Ponsel Google Pixel 9?

Menurut undangan tersebut, acara Made by Google akan dihelat di markas Google di California, Amerika Serikat, pukul 10.00 waktu setempat (00.00 WIB malam). Ini berbeda dari kedua acara Made by Google sebelumnya yang digelar di San Francisco pada bulan Oktober.

Gelaran tersebut dipastikan akan menampilkan software Android, kecerdasan buatan Google AI, dan smartphone Google Pixel.

"Anda diundang ke acara Made by Google secara langsung, tempat kami menampilkan (produk) terbaik dari Google AI, software Android, dan portofolio perangkat Pixel," bunyi undangan itu.

Tak hanya itu, Google telah meluncurkan cuplikan video (trailer) yang memperkuat sinyal kehadiran Pixel 9. Video tersebut bisa disimak di situs Google Store dan di YouTube di bawah ini.


Video ini berjudul "AI... meet IX at Made by Google" (AI, bertemu dengan IX di Made by Google).

Huruf IX merujuk pada angka Romawi dari angka sembilan. Kemudian, video berdurasi 15 detik itu langsung menampilkan teks "Google Pixel".

Melihat dua poin di atas, bisa disimpulkan bahwa smartphone Google Pixel 9 akan ditampilkan di acara Made by Google. Ponsel ini juga bakal memiliki fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Lalu, video diakhiri dengan angka Romawi "VIII.XIII.MMXXIV" yang diterjemahkan menjadi 13 Agustus 2024.

Indikasi berikutnya, tautan URL dari laman Google Store tersebut bertuliskan "Google Pixel 9 Pro", sehingga diperkirakan Made by Google akan meluncurkan smartphone Google Pixel 9, Pixel 9 Pro, Pixel 9 Pro XL, dan Pixel 9 Pro Fold.

Ada kemungkinan arloji pintar (smartwatch) Pixel Watch 3 juga debut di Made by Google, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Rabu (26/6/2024).

Terlepas dari itu, acara ini kemungkinan digelar lebih awal untuk menghindari berbagai bocoran. Sebab, pada tahun-tahun sebelumnya, spesifikasi dari produk Google selalu bocor sebelum perilisan resminya.

Prototipe Pixel 9 yang bocor diketahui memiliki RAM 12 GB, sedangkan Pixel 9 Pro XL dan Pixel 9 Pro mempunyai RAM 16 GB. Kapasitas media penyimpanan (storage) ketiga gawai ini adalah 128 GB.

Ukuran layar Pixel 9 "reguler" adalah 6,24 inci, Pixel 9 Pro 6,34 inci, dan Pixel 9 Pro XL 6,73 inci. Ponsel Pixel 9 memiliki bingkai layar (bezel) yang lebih besar.

Pixel 9 Pro dan Pro XL mempunyai tiga kamera 50 MP di punggungnya, dengan kamera periskop (zoom optik 5x). Pixel 9 "reguler" dibekali kamera utama dan kamera ultra wide tanpa kamera periskop.

Bocoran spesifikasi Google Pixel 9 berikutnya menyangkut chipset.

Ketiga ponsel ini rumornya ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) Google Tensor G4. Model Pro dan Pro XL mendukung teknologi Ultra Wideband (UWB) untuk melacak lokasi pengguna secara lebih presisi, sedangkan model "reguler" tidak kebagian.

Beralih ke ponsel lipat (foldable) Google Pixel 9 Pro Fold, konon ponsel ini juga memiliki chipset Tensor G4, dengan RAM 16 GB, dan storage UFS 4.0.

Kemudian, Google Pixel Watch 3 dibocorkan memiliki desain seperti Pixel Watch pertama dan kedua. Smartwatch ini konon memiliki layar bulat 1,2 inci, mahkota (crown) digital, dan baterai 307 mAh.

Karena baterainya lebih besar, Pixel Watch 3 akan memiliki ketebalan 14 mm, lebih bongsor dibanding Watch 2 dengan ketebalan 12,3 mm.

https://tekno.kompas.com/read/2024/06/26/17000067/inikah-tanggal-peluncuran-ponsel-google-pixel-9-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke