Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Ericsson Luncurkan Ponsel dengan Windows Mobile

Kompas.com - 11/02/2008, 17:51 WIB

BARCELONA, SENIN - Windows Mobile merambah juga ponsel Sony Ericsson, yang lama berkutat dengan Symbian. Ponsel pertama yang diberi nama Xperia X1 diluncurkan di ajang Mobile World Conggress di Barcelona, Spanyol, yang berlangsung antara 11-14 Februari 2008.

Desainnya mendekati notebook berukuran mini. Ketebalannya hanya 0,68 inci atau sekitar 1,7 centimeter dan berat 0,52 kilogram. Keyboard sudah berstandar QWERTY dan layarnya selebar 3 inci beresolusi 800 x 480 pixel.

Spesifikasi dasar lainnya antara lain koneksi GSM, EDGE, dan HSPA, baik HSDPA maupun HSUPA, yang mendukung koneksi nirkabel berkecepatan tinggi. Xperia X1 juga sudah dilengkapi koneksi WiFi dan GPS. Kameranya 3,2 megapixel dan mampu merekam video berkuaitas DVD.

Fitur multimedia lainnya antara lain FM radio dan Bluetooth.  Selain keyboard, input dapat dilakukan melalui layar touchscreen, tombol cursor, atau trackpad optik seperti layaknya sebuah laptop.

Kemampuan pengolahan data didukung prosesor ARM11 520 MHz. Sony Ericsson juga mendesain tampilan sendiri yang disebut Experia panel sehingga tak tampak standar Windows Mobile. Menu-menu utama muncul di desktop untuk memudahkan akses.

Masalah harga jangan tanya. "Ini akan menjadi produk high-end," ujar Suzanne Cross, kepala manajer marketing produk Sony Ericsson Amerika Utara. Produk ini baru akan tersedia mulai pertengahan tahun 2008.

Pieter Knook, wakil presiden senior untuk komunikasi bergerak Microsoft, mengatakan ini baru produk pertama. Akan ada keluar produk-produk lainnya dari Sony Ericsson yang menggunakan Windows Mobile.(PCMAG.COM/WAH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com