Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Bidik Pasar Motherboard

Kompas.com - 23/04/2008, 18:19 WIB

BANGKOK, RABU - Unggul di pasar prosesor komputer tak membuat Intel berhenti meraih pasar baru. Setelah menggarap pasar platform yang megintegrasikan prosesor, chipset, kartu grafis, dan koneksi wireless dalam satu produk, kini Intel juga masuk ke pasar motherboard.

Di awal debutnya INtel merancang tiga pilihan motherboard. Masing-masing Intel Desktop Board DX48BT2 Extreme Series, Intel Desktop Board DG35EC Classic Series, dan Intel Desktop Board D945GCLF Essential Series. Motherboard-motherboard ini berturut-turut ditujukan untuk extreme gamer, pengguna mainstream untuk multimedia, dan pengguna PC entry-level.

Intel Desktop Board DX48BT2 Extreme Series

Intel Desktop Board DX48BT2 Extreme Series dilengkapi front side bus tercepat, murni 1600MHz dan dukungan memori yang memberikan kinerja bertenaga dan kemampuan overclock yang ekstrem. Motherboard ini menggunakan prosesor Intel Core2 Extreme dengan quad atau dual-core processor dan FSB 1600/1333/1066/800MHz. Motherboard ini dibuat dengan Intel X48 Express Chipset dengan ICH9R yang memungkinkan untuk overclocking pada level chipset. Tersedia dua soket DIMM yang dirancang untuk mendukung memori hingga 4GB DDR3 1600MHz, atau empat socket DIMM dirancang untuk mendukung memori  hingga 8GB DDR3 1333/1066/800MHz.

Motherboard ini menyediakan 2 port IEEE 1394a, 12 port USB 2.0, dual full-speed PCIe 2.0 slot, x4/x16 PCIe slot, 2 PCI expansion slot, dan 6 port SATA 3.0 Gb/s. Selanjutnya tersedia pada board DX48BT2 adalah Intel Matrix Storage Technology, dan Dolby Home Theater. Produk ini juga akan menjadi komponen utama untuk para pembuat sistem workstation.

Intel Desktop Board DG35EC Classic Series

Untuk mainstream user yang ingin merasakan tingkatan baru dalam aplikasi 3D dan multimedia, Intel Desktop Board DG35EC Classic Series dibuat dengan integrated graphic dengan kinerja terbaik pada arsitektur Intel. Mengandalkan GMA X3500 integrated graphic, motherboard ini mendukung serangkaian prosesor termasuk prosesor Intel Core 2 Quad and dan Core 2 Duo.

Di samping memberikan kestabilan dan kinerja yang  mengagumkan, integrated graphic dan konektor memenuhi ragam kebutuhan digital, termasuk 1080p video playback untuk movie clip, media stream dan generasi terakhir videocamera HD, tanpa membutuhkan tambahan video card. Memenuhi syarat untuk logo Microsoft Windows Vista Premium, board pertama yang terintegrasi dengan dukungan Microsoft DirectX10 dan juga mendukung OpenGL 2.0. Juga yang pertama dengan ketersediaan stiker logo Intel HD Video pada versi retail box, membantu pelanggan mengindentifikasikan pengalaman multimedia yang mengagumkan yang segera dapat dinikmati.

Intel Desktop Board D945GCLF

Sementara itu, Intel juga mendorong pengembangan kategori baru komputer yang disebut nettop. Kategori baru untuk perangkat komputasi dekstop yang terjangkau untuk penggunaan Internet akan didukung motherboard Intel Desktop Board D945GCLF. Microprocessor, chipset, motherboard dan heat sink teirntegrasi dalam satu papan. Ideal dipasarkan untuk menjadi sistem PC yang utuh dengan harga di bawah 300 dollar AS.

Desktop board ini ditujukan untuk pengguna awal komputer di negara-negara berkembang, di negara-negara yang sudah maju sebagai PC kedua atau penggunaan mendasar di rumah, atau dikustomisasi khusus bagi pengguna pada pasar terfokus seperti untuk home-lifestyle, perbankan atau pendidikan. Intel Desktop Board D945GCLF akan menggunakan processor baru Intel Atom Processor dan akan tersedia semester kedua mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com