Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trafik 3G Indosat Hampir 100 Persen untuk Data

Kompas.com - 28/04/2008, 16:00 WIB

JAKARTA, KAMIS - Keseriusan Indosat untuk menggarap pasar Internet broadband nirkabel melalui jaringan 3G diwujudkan dengan menetapkan koneksi data sebagai prioritas. Frekuensi 3G yang terbatas hanya 5 MHz sebagian besar dimanfaatkan untuk akses data.

Sejak awal, penggunaan data di jaringan 3G memang digenjot Indosat M2 (IM2) dengan mengeluarkan kartu akses atau UMTS subscriber identity module (USIM) yang khusus digunakan untuk mengakses Internet. Bahkan, sudah tersedia kartu USIM prabayar yang diperkirakan akan memacu pertumbuhan pengguna broadband.

"Catatan kita dalam waktu sebulan diluncurkan sudah lebih dari 3000 pelanggan," ujar Indar Atmanto, Direktur IM2 saat peresmian gerai IM2 Broadband Center di Plaza Semanggi, Jakarta, Senin (28/4). Ia mengatakan total pelanggan broadband IM2 saat ini sudah mencapai 35.000 dan ditargetkan antara 200.000-300.000 pada akhir tahun ini.

Selain dari sisi produk, IM2 juga menyiapkan kemampuan dari sisi jaringan. Kapasitas data dengan standar 3,5G menggunakan HSDPA (high speed downlink packet access) terus ditambah dan diperluas dengan menambah 7 hingga 10 instalasi HSDPA baru setiap minggu.  

"Saat ada event atau di daerah padat akses hampir 100 persen BTS 3G untuk data," ujar Dede Rusnandar, Direktur Operasi Indosat M2 (IM2) saat peresmian IM2 Broadband Center di Plaza Semanggi, Senin (28/4). Ia mengatakan perubahan setting prioritas memang dilakukan setiap dibutuhkan sesuai tren trafik di jaringan, namun di daerah yang sepi saja 50 persen kapasitas diprioritaskan untuk data, sisanya untuk trafik suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com