Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera DSLR Canon EOS 1000D Segera Meluncur

Kompas.com - 12/06/2008, 10:19 WIB

JAKARTA, KAMIS  – Bertambah lagi deretan kamera digital SLR (DSLR). Kali ini datang dari Canon dengan seri EOS 1000D. Kamera yang menggunakan kartu memori SD/SDHC ini disebutkan sebagai seri EOS entry-level yang paling terjangkau harganya.

Prosesor EOS 1000D masih sama dengan milik Canon seri DSLR berkinerja tinggi sebelumnya, yakni DIGIC III. Pada moda JPEG, 1000D mampu memotret tiga frame per detik, atau 1,5fps pada moda RAW.

EOS 1000D memamerkan sensor CMOS 10,1 megapixel dengan sistem getar terpadu, sistem 7-point wide-area AF, dan monitor 2,5” yang mendukung live view shooting. Pada Live View, tersedia dua moda AF: Quick AF yang membalik mirror kamera untuk mengaktifkan sensor AF; dan Live AF yang menggunakan informasi kontras untuk memfokus ala kamera kompak.Grid line dan tampilan histogram opsional bisa dipilih untuk membantu dalam mengkomposisi bidikan dan exposure.

Fitur lainnya mencakup 12 fungsi kustom, termasuk auto lighting optimizer – yang mengkoreksi tingkat keterangan (brightness) dan kontras selama pemrosesan image, dan perbaikan skin tone dalam portrait dengan cara memastikan exposure yang tepat untuk wajah manusia. Tambahan reduksi noise untuk bidikan yang diambil pada kecepatan ISO tinggi juga bisa diaktifkan.

Dari segi kinerja dan spesifikasi, EOS 1000D yang berdimensi 12,61x9,75x6,19 cm dengan bobot sekitar 450 gram ini mirip pendahulunya, 400D. Namun pada 1000D, sistem AF-nya baru dan ada live monitor view (seperti pada 450D). Selain itu jika dijajarkan, terlihat 1000D sedikit lebih kecil dan juga lebih enteng.

Kamera DSLR entry-level ini, tutur Merry Harun (Canon Division Director, PT Datascrip - distributor resmi kamera digital Canon di tanah air) di sela-sela pameran FKI di Jakarta, akan hadir di Indonesia sekitar akhir Agustus atau awal September mendatang. “Perkiraan harganya di kisaran US$ 650 untuk body only,” kata Merry tentang Canon EOS 1000D yang di AS dirilis dengan nama Rebel XS itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com