Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Windows akan Berakhir

Kompas.com - 07/08/2008, 15:36 WIB

JAKARTA, KAMIS - Tuntutan teknologi membuat Microsoft tak selamanya mengandalkan Windows sebagai produk andalannya. Akhir kejayaan Windows sepertinya telah diramalkan sendiri oleh Microsoft sehingga harus menggarap proyek pengembangan software baru yang akan menjadi penerusnya.

Software yang disebut-sebut dengan nama Midori itu dilaporkan memiliki konsep yang jauh berbeda dengan Windows. Jika Windows diarahkan mendukung satu komputer untuk setiap orang di setiap meja seperti visi Bill Gates, Midori akan terpusat ke Internet, bisa diakses kapan saja, di mana saja, dengan perangkat apa saja. Sebab Midori berjalan di atas platform hardware x86, x64, dan ARM dan bekerja di atas Winodws Hyper-V hypervisor atau bahkan proses Windows.

Windows sangat sesuai di zaman saat semua orang menggunakan satu perangkat komputer untuk semua pekerjaannya. Sebagai sistem operasi, fungsinya sangat tergantung pada setiap unit hardware. Sementara Midori tidak hanya mengatasi pembatasan perangkat namun juga lebih fleksibel kepada pengguna yang mobile.

Meski demikian, belum ada penjelasan apakah Midori akan menggantikan Windows atau hanya salah satu bagian saja. Kapan target dirilisnya Midori juga tidak disebutkan. Hanya ada jawaban singkat bahwa Midori adalah salah satu dari proyek inkubasi yang sedang berjalan di Microsoft sehingga terlalu dini untuk mengulasnya.

"Microsoft selalu berpikir tentang dan bagaimana mengeksplorasi inovasi agar orang dapat menggunakan teknologi dan Midori adalah salah satu proyek inkubasi yang sedang berjalan di Microsoft," demikian jawaban resmi Microsoft yang dirilis edisi online PCMagazine. Pengembanagn Midori di bawah pimpinan Eric Rudder, Senior Vice President Technical Strategy Microsoft karena bagian dari proyek riset Singularity yang mengakomodasi open source.

Munculnya Midori mungkin jawaban Microsoft terhadap tantangan teknologi virtualisasi yang menjadi solusi wajib komputasi modern saat ini. Jika demikian, Midori mungkin akan diarahkan sebagai platform komputer bisnis. Untuk platform desktop, Microsoft tengah mengembangkan Windows 7 yang akan menjadi pengganti Vista mulai akhir 2009 atau awal 2010. Bagaimana nantinya, tunggu saja!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com