Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikon D90, DSLR dengan Fitur Video

Kompas.com - 28/08/2008, 10:20 WIB

JAKARTA, KAMIS – Kamera DSLR baru Nikon ini menggunakan sensor CMSO format DX 12,3 megapixel dengan sistem self-cleaning, dan prosesor EXPEED mutakhir, lengkap dengan moda Live View, fitur otofokus deteksi kontras dan deteksi wajah . Monitor LCD 3” high-angle 920k-dot-nya sama dengan milik D3 dan D300.

 

Fitur menonjolnya adalah moda perekam video, yang sekaligus menahbiskannya sebagai kamera DSLR pertama di dunia yang bisa merekam video. Untuk video, D90 mampu merekam pada resolusi sampai 1280x720 pixel pada 24 fps dengan audio mono. Hasil rekaman disimpan dalam bentuk kompresi Motion JPEG AVI. Moda video ini memanfaatkan full matrix metering agar exposure-nya akurat, dan tentu saja saat merekam video lensanya juga bisa di-zoom.

 

Fitur menarik lain yang merupakan ‘warisan’ dari DSLR Nikon yang lebih advanced adalah sistem Scene Recognition (populer di D3 dan D300). Sistem ini menggunakan sensor khusus 420-pivel RGB untuk menganalisis scene dan informasi warna dari subjek yang sedang difoto. Berdasarkan pembacaan tersebut, kamera lalu mengoptimalkan fokus, exposure dan white balance tepat sebelum tombol rana ditekan.

 

Fitur lainnya adalah sistem otofokus Multi-CAM100 11-point yang mencakup 3D subject tracking, kisaran sensitivitas 200 - 3200 ISO (100 dan 6400 juga tersedia pada moda Lo dan Hi), 4.5fps continuous shooting, kendali gambar dengan enam pre-set tone balance settings, dan in-camera image re-touching tools. Menurut Nikon, batere kamera bisa bertahan sampai 850 bidikan, dengan waktu start-up  0,15 detik dan  waktu respon rana 65-milidetik.

 

Kamera DSLR Nikon D90 ini diperkirakan akan beredar bulan mendatang, dengan harga (body-only) US$ 1000-an.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com