Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mito 298, Berkedip saat Mainkan Musik

Kompas.com - 10/12/2008, 09:45 WIB

Sinyal sebut ponsel disko karena ada lampu warna-warni berkedap-kedip di sisi bodi ketika masuk panggilan telepon. Penampakan lampu ini bisa diatur dari Settings > Color LED setting. Tinggal pilih mau Default, Rule1, Rule2, atau Rule3. Selama ponsel sedang memanggil, kita bisa pilih Answer atau Close color led.

Lampu juga bisa diatur berkedip ala lampu disko saat Audio player sedang bernyanyi. Caranya, aktifkan Follow music di LED Pattern dalam Options. Nah, sisi kiri-kanan-bawah ponsel dan keypad akan kedap-kedip kayak lampu disko. Ngomong-ngomong, musik termasuk fasilitas unggulan Mito 298, terlihat dari adanya tombol pintas Audio player bergambar nada di sebelah kanan navigasi.

Selain Audio player, kita juga bisa nikmati FM radio. Seperti biasa, earphone harus tercolok. Tak ada tombol khusus, tapi secara default tombol kanan navigasi akan langsung membuka aplikasi itu. Ada opsi untuk memindahkan output suara ke speaker.

Speaker tambahan ada di kiri-kanan kamera. Karena tak ada tombol volume, biasanya navigasi atas-bawah yang digunakan untuk keperluan ini. Jangan lupa cari tahu cara di setiap aplikasi. Suara yang dihasilkan terbilang nyaring dan cukup jernih. Equalizer cukup membantu memoles suara.

Kamera ada di belakang bodi. Sebetulnya ada kamera lagi di kiri atas layar, tapi kami tidak menemukan setting untuk pindah ke kamera ini. Tidak ada tombol kamera, tapi navigasi atas secara default membuka Camera. Untuk tugas jeprat-jepret, kita pakai tombol tengah navigasi.

Image size maksimal untuk foto adalah 1280x960, sementara untuk video tak ada opsi resolusi. Setting yang disediakan standar saja. Sebagian besar setting bisa disetel dengan cepat dari keypad atau icon dalam layar.

Port kabel data, sekaligus dipakai untuk charger dan headset, berada di kiri bodi. Bentuk lubangnya mirip USB mini dan dilengkapi penutup berbahan plastik. Ketika terkoneksi ke PC, ponsel bisa dipakai sebagai Mass storage atau Webcam.

Slot MicroSD tertumpuk di bawah slot SIM2; alhasil harus copot SIMcard dulu sebelum memasang-cabut MicroSD. Oya, slot sudah terisi kartu berkapasitas 512MB.

Ponsel ini pun dobel GSM. Dua slot SIMcard mudah dikenali karena bertanda SIM1 untuk yang kiri dan SIM2 untuk yang kanan. Penanda ini nyaris tak terlihat karena terbuat dari plastik bening. Pengaturannya ada di Settings > Dual SIM settings, dengan opsi Dual SIM open, Only SIM1 open, Only SIM2 open, atau Flight mode.

Dalam layar, nama operator SIM1 akan berada di atas dan operator SIM2 di bawah. Tak ada cara khusus untuk bertelepon; tinggal pencet Call 2 atau Call 1 setelah memencet nomor yang dituju.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com