Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Ponsel Dunia Mengalami Penurunan

Kompas.com - 21/05/2009, 16:52 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Penjualan telepon seluler (ponsel) dunia turun mencapai rekor terendah 9,4 persen pada kuartal pertama 2009 dengan nilai penjualan 269 juta unit. Demikian hasil survei Gartner yang baru saja dipublikasikan.

Nokia dari Finlandia masih menempati peringkat pertama dengan penjualan sebesar 97 juta unit. Namun, pangsa pasarnya turun menjadi 36,2 persen dari 39,1 persen pada kuartal pertama 2008.

Di urutan kedua Samsung dari Korea Selatan dengan pangsa pasar 19,1 persen, atau naik dari sebelumnya 14,4 persen. Hal ini karena peningkatan penjualan sebesar 21,4 persen.

Perusahaan Motorola dari Amerika Serikat penjualannya turun hampir 45 persen pada kuartal pertama. Posisi sebelumnya di urutan ketiga digantikan LG dari Korea Selatan.

Menurut Gartner, tahun 2009 bakal menjadi tahun terberat dalam industri ponsel dunia. Hasil survei yang dilakukan Gartner ini juga mengindikasikan bahwa penjualan setahun ini akan turun 4,2 persen dibandingkan tahun lalu.

Penjualan ponsel mulai mengalami penurunan sejak tahun 2008 setelah tingkat pertumbuhan yang rata selama lebih dari enam tahun terakhir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com