Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Label DVD

Kompas.com - 03/06/2009, 14:34 WIB

Kalau kita membuat sebuah DVD, entah itu DVD dokumentasi atau menggandakan dari keping lain, biasanya kita perlu membuat label. Label ditulis dengan pulpen atau spidol di bagian atas keping disk. Ada juga yang menulis informasi konten DVD dengan stiker di kepingan disk. Itu cara jadul!

Cobalah lebih kreatif. Bikin sendiri label DVD dengan printer dan label stiker. Soal desain nggak perlu pusing. Anda nggak perlu jadi ahli Photoshop atau Corel Draw kok kalau Cuma untuk bikin label saja. Dengan Microsoft Publisher yang dijual dalam bundel Office 2007, koleksi DVD bisa disulap jadi indah dan unik, hanya dengan beberapa klik saja.

Pasti penasaran kan, gimana caranya? Inilah cara pembuatannya:
1. Klik [Start] > [All Programs] > [Microsoft Office] > [Microsoft Office Publisher 2007] untuk membuka program Publisher 2007.
2. Setelah aplikasi ini terbuka, klik [Labels] yang terdapat di Publication Types.
3. Pilih submenu [CD/DVD Labels].
4. Begitu Anda mengklik CD/DVD Labels, di bagian bawah jendela akan muncul beberapa template yang sudah disediakan untuk label disc. Pilih salah satu template yang Anda sukai.
5. Klik [Create] untuk mulai membuat label.
6. Ubah Performer’s Name dengan nama yang Anda inginkan, misalnya dengan nama pemeran atau penyanyi di CD atau DVD Anda.
7. Isikan judul, pada bagian CD/DVD Title.
8. Jika label yang Anda buat adalah untuk CD Audio, Anda bisa menambahkan daftar lagu pada tempat yang sudah disediakan.
9. Ubah Organization dengan logo yang Anda inginkan.
10. Klik [File] > [Print…] untuk mencetak hasil kreasi Anda.

Sumber: PCplus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com