Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Ungkap "Superphone" Nexus One

Kompas.com - 06/01/2010, 10:24 WIB

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Semua rumor sebulan terakhir yang menyebut Google merancang ponsel sendiri akhirnya terjawab sudah. Dalam konferensi pers di Googleplex, Mountain View, California, Selasa (5/1/2010), Google merilis secara resmi ponsel Nexus One yang disebutnya sebagai sebuah superphone.

Nexus One merupakan hasil rancangan Google dan produsen ponsel HTC dengan sejumlah fitur terbaik yang ada saat ini. Antara lain dilengkapi prosesor Snapdragon 1 GHz buatan Qualcomm dan sistem operasi Android 2.1 yang belum digunakan pada perangkat manapun.

Produk ini hadir dengan layar sentuh AMOLED 3,7 inci, kamera 5 megapixel, koneksi WiFi, akselerometer, dan kompas digital. Salah satu fitur andalannya adalah keyboard berbasis suara yang memungkinkan pengguna menulis SMS, email, atau pesan Facebook hanya dengan mengatakannya.

Ponsel tersebut akan dijual langsung Google melalui layanan online yang dioperasikannya sendiri. Harganya 180 dollar AS dengan kontrak langganan 2 tahun atau 530 dollar AS tanpa kontrak langganan.

Untuk sementara baru T-Mobile yang menawarkan kerja sama paket kontrak langganan di AS. Dalam waktu dekat Verizon, akan menyusul juga Vodafone untuk pasar Eropa. Inggris, Hong Kong, dan Singapura juga sudah dijajaki dan bakal menjadi target pasar berikutnya. Namun, pada dasarnya ponsel tersebut tidak terkunci (unlocked) sehingga dapat digunakan di semua jaringan seluler khususnya GSM.

Nexus One untuk jaringan CDMA juga akan tersedia pada kuartal kedua 2010. "Kami sangat senang bisa menawarkan sebuah pilihan," kata Mario Queiroz, vice president of product management Google saat memperkenalkannya seperti dilansir CNN.

Dengan memberikan kebebasan menggunakan Nexus One di berbagai jaringan telekomunikasi, hal tersebut diyakini dapat mendongkrak penetrasi ponsel berplatform Android agar segera meledak di pasaran.

Juru bicara Google menegaskan dengan skema terbuka semacam ini memungkinkan Nexus One digunakan lintasoperator. Begitu pula dengan aplikasi yang mendukung karena menggunakan platform open source. Hal tersebut berbeda dengan iPhone atau BlackBerry yang lebih menerapkan skema kerja sama eksklusif.

Nah apakah Nexus One akan menjadi pesaing berat iPhone buatan Apple atau BlackBerry buatan RIM?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com