Pembajak Akun Twitter Obama Berhasil Ditangkap

Kompas.com - 25/03/2010, 09:34 WIB
Editorwah

PARIS, KOMPAS.com — Seorang pria berusia 25 tahun yang diduga sebagai pelaku pembajakan akun Twitter sejumlah tokoh terkenal berhasil ditangkap. Sejumlah akun yang pernah disusupinya, antara lain, milik Britney Spears dan Presiden Barack Obama.

Tersangka yang biasa menggunakan nama samaran "Hacker Croll" di dunia maya itu tertangkap dalam operasi gabungan polisi Perancis dengan FBI, Selasa (23/3/2010) di daerah Puy-de-Dome, Perancis tengah. FBI mengendus aktivitas pelaku yang mencoba mengakses informasi rahasia setelah berhasil menembus sistem keamanan Twitter pada Juli 2009.

Nama pelaku sendiri masih dirahasiakan polisi. Menurut polisi, tersangka pernah melakukan kejahatan yang sama meski dengan skala lebih kecil. Berdasarkan pernyataan awal, seperti dilansir AFP, motivasi utama sang pelaku bukan demi uang, tetapi unjuk keahlian. Televisi lokal melaporkan bahwa polisi melepaskannya setelah dua hari melakukan pemeriksaan, tetapi sampai saat ini belum ada konfirmasi.

Situs internet Perancis, Korben.info, melaporkan, pihaknya pernah dikontak "Hacker Croll" pada 14 Juli 2009 soal penyusupan tersebut. Hacker Croll mengaku berhasil menyusup ke e-mail karyawan Twitter, termasuk salah satu pendiri Twitter, Evan Williams, dan istrinya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X